Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:20 WIB

Pesawat Komersial Listrik Pertama Dunia Mengudara

Rabu, 11 Desember 2019 | 22:30 WIB
Pesawat Komersial Listrik Pertama Dunia Mengudara
facebook twitter

INILAHCOM, Vancouver - Pesawat komersial bermesin listrik pertama di dunia melakukan uji terbang perdana setelah lepas landas dari Vancouver, Kanada, pada Selasa waktu setempat (10/12/2019).

"Ini membuktikan bahwa penerbangan komersial menggunakan pesawat listrik dapat diwujudkan," kata Roei Ganzarski, CEO MagniX, seperti dilansir AFP, Rabu (11/12/2019).

Perusahaan rekayasa teknologi yang merancang motor pesawat bermitra dengan Harbour Air itu menyatakan bahwa penggunaan pesawat listrik akan menghemat dana operasional.

Meski demikian, Ganzarski tidak menyinggung berapa emisi gas buang yang dapat dikurangi berkat penggunaan pesawat listrik itu.

"Ini menandakan dimulainya zaman penerbangan listrik," katanya kepada wartawan.

Penerbangan sipil adalah salah satu biang keladi emisi karbon yang tumbuh paling cepat karena semakin banyak orang naik pesawat, namun perkembangan teknologi ramah lingkungan berjalan lambat.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) mendorong penggunaan mesin biofuel yang lebih efisien dengan material pesawat yang lebih ringan, serta optimalisasi rute.

Pesawat listrik yang digunakan bukanlah sebuah prototipe, melainkan kapal amfibi berusia 62 tahun dengan kapasitas enam penumpang.

Namun pesawat tipe DHC-2 de Havilland Beaver itu dapat terbang dengan dorongan motor listrik bikinan MagniX, dengan pendiri Harbour Air Greg McDougall bertindak sebagai pilotnya.

"Bagi saya penerbangan itu seperti menerbangkan seekor berang-berang, tetapi itu adalah berang-berang dengan listrik," kata McDougall.

Dia menerbangkan pesawat itu di atas Sungai Fraser dekat Bandara Internasional Vancouver, yang disaksikan 100 penonton.

Komentar

x