Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 23:39 WIB

Aston Martin Rilis SUV Pertama, untuk Kaum Hawa

Jumat, 22 November 2019 | 07:00 WIB
Aston Martin Rilis SUV Pertama, untuk Kaum Hawa
(AFP)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Pabrikan mobil mewah Inggris Aston Martin meluncurkan SUV pertamanya, Aston Martin DBX secara resmi di Beijing, China. Untuk sebuah SUV, mobil anyar ini terbilang gahar.

Aston Martin DBX menggendong mesin 4.0 liter V8 Twin-Turbocharged, dapur pacu serupa seperti yang digunakan oleh mobil sport Aston Martin DB11 dan Aston Martin Vantage.

Namun, Aston Martin memberi sedikit ubahan pada konfigurasi mesin dengan meningkatkan performanya. Hasilnya, mesin V8 yang sebelumnya memiliki power 509 hp, kini naik menjadi 550 hp dan torsi 700 Nm.

Dengan mesin tersebut, Aston Martin DBX disebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,5 detik. Adapun kecepatan maksimalnya mencapai 291 km/jam.

"Ini adalah model yang sangat penting. Saya tidak bisa menekankan betapa DBX sangat menarik dan signifikan buat Aston Martin. Pembuatan uji coba pertama DBX telah selesai, dengan masa produksi pada kuartal kedua tahun 2020 mendatang," ujar Chief Executive Aston Martin Andy Palmer, seperti dikutip dari Reuters.

Meski bermesin gahar, namun konsumen utama yang dituju oleh Aston Martin DBX adalah kaum perempuan. Tak heran jika SUV mewah ini kenal dengan nuansa feminin.

Aston Martin meluncurkan mobil ini di Beijing karena separuh dari total konsumen mereka di China adalah kaum hawa, meskipun di seluruh dunia pembeli wanita mereka hanya 10 persen.

Membidik pembeli wanita atau konsumen dari segmen baru adalah strategi Aston Martin untuk menaikkan kinerja perusahaan. Sebab, sejak kali pertama melantai di Bursa London Stock Exchange pada Oktober tahun lalu, Aston Martin justru kehilangan sekitar tiga perempat nilai pasarnya.

Aston Martin membidik konsumen SUV dari kalangan pengusaha perempuan berusia 40 tahunan, atau remaja putri kaya raya yang mereka sebut 'Charlotte'.

Menurut Palmer, agar DBX diterima kaum perempuan, Aston Martin menggunakan penasihat desain wanita yang tidak hanya mengatur soal tampilan, tapi juga fitur di dalam mobil. Misalnya, ruang kaki yang lebih lega dan jarak jangkauan ke panel kontrol yang lebih dekat.

"Dalam pikiran kami, mobil itu harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan perempuan," katanya.

Aston Martin DBX ditawarkan dengan harga mulai dari US$189.000 atau sekitar Rp2,7 miliar di China.

Komentar

Embed Widget
x