Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:08 WIB

Seperti Inikah Bentuk Controller PS5?

Rabu, 20 November 2019 | 16:30 WIB
Seperti Inikah Bentuk Controller PS5?
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Sony telah mengonfirmasi bahwa konsol game generasi berikutnya besutan mereka, PlayStation 5, akan meluncur pada musim liburan 2020.

Berbagai bocoran terkait konsol itu sudah banyak beredar di dunia maya. Bocoran yang terbaru adalah perihal controller yang akan dipakai.

Mengutip Business Insider, ilustrasi dalam sebuah dokumen paten yang diunggah oleh Kantor Paten Jepang (JPO) di situsnya mengungkap desain fisik controller konsol game yang kemungkinan adalah milik PS5.

Dalam paten yang diajukan oleh Sony itu tampak perangkat dengan desain keseluruhan yang mirip dengan controller PS4 sebelumnya.

Di bagian tengah masih ada layar sentuh, berikut lubang speaker dan sepasang joystik. Namun, tidak terlhat adanya lampu indikator seperti yang terdapat di controller PS4.

Disebutkan pula bahwa controller untuk PS5 ini sudah menggunakan konektor USB type-C, dari sebelumnya microUSB di perangkat terdahulu.

Perbedaan lainnya dari controller PS4, di bagian bawah piranti pengendali game baru ini terdapat dua buah lubang jack audio 3,5mm yang dipisahkan oleh semacam pembatas.

Fungsinya masih belum jelas, tapi Sony memang sempat mengatakan bahwa controller PS5 akan menghadirkan fitur-fitur baru.

Misalnya, controller PS5 disinyalir bakal memiliki baterai yang lebih tahan lama dibandingkan PS4.

Perangkat tersebut juga bakal dibekali 'haptic feedback' yang diklaim mampu memberikan efek lebih beragam dibandingkan teknologi 'force feedback' sebelumnya.

Misalnya, pengguna akan merasakan sensasi getaran berbeda saat bermain game mobil balap di jalanan berkontur dan saat menggiring bola di atas lapangan pada game sepak bola.

Selain itu, tombol L2 dan R2 di controller PS5 pun ikut kebagian fitur baru bernama 'adaptive trigger' yang bisa memberikan tingkat resistensi berbeda, misalnya antara saat pemain menarik busur di dalam game olahraga atau saat menginjak pedal gas kendaraan di game balap.

Komentar

x