Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:07 WIB

Adu Kuat Realme 5 vs Galaxy A20s vs Redmi Note 8

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 13 November 2019 | 07:30 WIB
Adu Kuat Realme 5 vs Galaxy A20s vs Redmi Note 8
Realme 5 vs Samsung Galaxy A20s vs Xiaomi Redmi note 8 - (Foto: inilahcom/Ibnu Naufal)
facebook twitter

PERTARUNGAN smartphone kelas menengah ke bawah di harga Rp2 jutaan semakin menggila saja. Samsung yang selama ini terlihat adem ayem tiba-tiba ikut agresif merangsek lewat Galaxy A20s.

Sementara di kelas ini juga hadir dua brand asal China, Realme dan Xiaomi. Belum lama ini, mereka meluncurkan produk barunya Realme 5 dan Redmi Note 8.

Bagaimana jika dibandingkan, Realme 5 vs Samsung Galaxy A20s vs Xiaomi Redmi Note 8, siapa yang terbaik?

Ketiganya memiliki keunggulannya masing-masing. Ketiga produk ini sama-sama menjadi perbincangan di dunia maya karena memiliki value for money serta fitur yang menarik. Namun memiliki latar belakang yang terbilang kontras.

Samsung adalah market leader yang sudah bertahun-tahun menduduki singgasana produsen smartphone nomor satu dunia. Dirilisnya Samsung Galaxy A20s adalah sebagai reaksi dari makin banyaknya ponsel terjangkau yang berkualitas di pasar. Serta untuk menjaga agar pangsa pasarnya tidak turun.

Di sisi lain, Realme adalah pemain yang benar-benar baru. Di Indonesia sendiri, sub-brand OPPO ini masih berusia satu tahun. Kendati baru, tetapi tak sulit untuk disukai konsumen. Karena telah terjual ratusan ribu unit melalui strategi penjualan flash sale online.

Sementara Xiaomi meski kerapa bermasalah dengan kelangkaan produk, sehingga ponsel Xiaomi terkenal sering 'gaib' alias sukar dicari di pasaran. Vendor asal China ini mati-matian mempertahankan sejumlah pasar strategis khususnya Indonesia dengan meluncurkan produk andalan di segmen menengahnya Redmi Note 8.

Nah, daripada penasaran siapa yang lebih baik di segmen ini, mari kita adu ketiganya saja.

Komparasi Realme 5 vs Samsung Galaxy A20s vs Redmi Note 8 ini dilihat dari berbagai aspek fitur dan spesifikasi.

Desain

Untuk desain bodi Realme 5 terbuat dari bahan plastik polikarbonat--sama seperti seri Realme sebelumnya. Cover belakang Realme 5 tampil cantik dengan efek gradasi yang smooth dan kuat.

Menariknya, gradasi warna yang ditampilkan di Realme 5 bakal berubah warna tergantung dari sudut cahaya.Realme menyediakan dua varian warna, yakni crystal purple dan crystal blue.

Untuk Samsung Galaxy A20s memiliki sentuhan 'glasstic', yang merupakan bodi plastik dengan sentuhan mengkilat dari polikarbonat, sehingga sekilas kita bisa mengiranya adalah sentuhan kaca.

Warna belakangnya solid, hanya satu warna tanpa adanya corak ataupun gradien yang sering dimainkan di banyak smartphone masa kini.

Samsung Galaxy A20s sendiri tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni merah, hitam, dan hijau.

Bagaimana dengan Xiaomi Redmi Note 8? Dalam hal ini Redmi Note 8 tampil dengan menggunakan material kaca pada sisi depan dan belakangnya. layaknya tren smartphone saat ini. Terlebih, ia juga dilengkapi dengan poni pada sisi atas layarnya.

Bodi bagian belakangnya pun memilik adanya gradasi warna.Redmi Note 8 tersedia dalam pilihan warna Space Black, Neptune Blue, dan Moonlight White.

Kamera

Kamera menjadi sektor yang sangat penting pada ponsel. Sehingga produsen ponsel berlomba-lomba menghadirkan fitur kamera mumpuni, walau tak sedikit yang cuma sekadar gimmick.

Realme 5 dan Xiaomi Redmi Note 8 sama-sama menggunakan empat kamera, sementara Samsung Galaxy A20s menggunakan tiga kamera. Untuk itu kita akan bandingkan ketiganya

- Kamera Realme 5

Dari hasil yang INILAHCOM bandingkan kamera utama Realme 5 mampu menyajikan kualitas foto yang baik.

Dengan konfigurasi 12MP, aperture f/1.8 untuk hasil foto normal atau wide lalu mode portrait atau bokeh, untuk menghasilkan efek buram lewat kamera 2 MP, f/2.4, depth-sensor.

Ada pula kamera ultra-wide menggunakan kamera berkemampuan 8MP, f/2.2, pada sudut pengambilan gambar hingga 13 mm dan terdapat pula lensa makro berkemampuan 2MP, f/2.4.

Hasil fotonya memang jadi lebih baik. Walau exposure-nya terlalu berlebih. Visual foto jadi tampil terlalu cerah. Meski pada beberapa situasi kurang cahaya, kemampuan AI-nya bisa menjadikan gambar jadi terang dan nyaman dilihat.

Jika Anda mampu melakukan pengaturan secara manual maka itu lebih disarankan. Beberapa fitur dari kamera utama, antara lain mode nightscape, HDR, filter, serta chroma boost.

Kamera depannya beresolusi 13MP f/2.0 masih memiliki dukungan AI juga tetap mampu menghasilkan foto tajam dan memuaskan tanpa fitur AI Beauty. Hasil memuaskan juga masih bisa ditemukan saat mengambil foto selfie di kondisi malam.

- Kamera Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s menyematkan tiga kamera belakang dan satu kamera selfie di depan. Kamera belakangnya menggunakan tiga lensa dengan fungsi berbeda, yakni 13MP PDAF 8 MP untuk untuk ultrawide dan 5MP untuk bokeh. Sedangkan di bagian depan terdapat sensor 8MP dengan bukaan aperture 2.0.

Dengan beragam fitur kemampuan yang disebut tadi, bagaimana kesan foto dari kameranya?

Untuk ponsel harga Rp2 jutaan, pada dasarnya kualitasnya sudah terbilang mencukupi. Kamera bisa menangkap obyek foto dengan baik pada kondisi pencahayaan yang cukup.

Tapi harus diakui, kamera Galaxy A20s memang bukan yang terbaik di kelasnya. Apalagi, smartphone ini belum dibekali mode Night untuk membantu pemotretan low-light.

Untuk malam hari, hasil foto nampak noise yang cukup besar. Selain itu beberapa momen foto masih sering tampak buram dan fungsi sensor foto kurang bekerja maksimal.

Begitupun dengan saat mengaktifkan mode lensa ultra wide, seringkali hasil foto terlihat tidak realistis terlalu cembung, walaupun bisa diedit agar lebih bagus. Kualitas hasil foto menjadi lebih baik pada saat bertemu objek statis dan atau pada pencahayaan outdoor yang baik.

Kamera depan untuk selfie, ada kamera 8 megapixel f/2.0 di depan kualitas untuk cahaya cukup natural meski untuk foto malam hari kurang maksimal.

- Kamera Xiaomi Redmi Note 8

Sekarang kita beralih ke Xiaomi Redmi Note 8. Di atas kertas, kamera belakang memiliki konfigurasi 48MP f/1,8 (wide), 8MP f/2,2 (ultrawide), 2MP f/2,4 (macro), dan 2MP f/2,4 (depth sensor).

Sedangkan untuk yang doyan selfie, terdapat kamera depan 13MP dengsan lensa 5P, aperture f/2.0 dan ukuran sensor 1/3 inci.

Ketika diuji untuk memotret pada kondisi cahaya normal kamera Redmi Note 8 mampu menghasilkan warna yang natural dan tajam.

Sementara saat digunakan pada kondisi cahaya yang agak gelap tanpa lampu flash, kamera belakangnya dapat menghasilkan noise yang cukup rendah.

Smartphone ini juga punya fitur Night Mode yang berguna menfoto di kondisi kurang cahaya. Meski tak sempurna, namun sangat membantu.
Kamera selfie Redmi Note 8 memakai 13 MP f/2.0 yang cukup bisa dihandalkan. Baik dalam kondisi gelap, maupun ketika di luar ruangan.

Untuk melihat hasil foto perbandingan ketiganya simak foto-foto berikut ini

Kamera Depan


Performa

Beralih ke otak kerja yang mumpuni akan menjadi salah satu acuan saat membeli produk smartphone apalagi kelas menengah seperti Galaxy A20s, Realme 5, dan Redmi Note 8.

Tentu saja ekspektasi penggunaan dengan kinerja tinggi diharapkan akan membantu beragam akifitas kerja pengguna.

Untuk mengetahui perbandingan antara performa dari ketiga produk, kami melakukan pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark melalui video yang bisa disaksikan berikut ini:

Baterai

Untuk manajemen daya, Realme 5 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Untuk pengisiannya perangkat ini hanya dibekali dengan adaptor charger 10 Watt.

Untuk Samsung Galaxy A20s dan Redmi Note 8 sama sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Perangkat Galaxy A20s ini ditenagai dengan adaptor charger pengisian cepat dengan output 15W dan untuk Redmi Note 8 juga mendukung pengisian cepat 18W, namun yg tersedia pada paket adaptor hanya dengan output 10W.

Saat pengujian menggunakan aplikasi pengukuran baterai PCmark, Samsung Galaxy A20s hanya mampu bertahan sekitar 11 jam.

Sedangkan Redmi Note 8 bertahan selama hampir 15 jam dan untuk Realme 5 Bisa bertahan hingga 20 jam lebih.

Sedangkan untuk pengujian pengisian, Galaxy A20s dengan adaptor charger 15W mampu mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh hanya dengan waktu 2 jam 10 menit.

Sedangkan Realme 5 dengan pengisian 10W, melakukan pengisian dari kondisi kosong hingga penuh selama 2 jam 50 menit.

Adapun untuk Redmi Note 8 dengan output 10W mampu mengisi dari kosong hingga penuh selama 2 jam 30 menit.

Secara keseluruhan manajemen daya Realme 5 unggul dibandingkan Galaxy A20s dan Redmi Note 8.

Memang, Galaxy A20s memiliki kemampuan charge lebih cepat. Akan tetapi, untuk baterai tentunya kapasitas, daya tahan lebih diutamakan dibanding pengisian cepat, jadi, bagi kami, urusan baterai dimenangkan oleh Realme 5.

Infografis

Perbandingan spesifikasi selengkapnya antara Realme 5, Galaxy A20s, dan Redmi Note 8 bisa dilihat dalam Infografis di bawah.

Kesimpulan

Setelah melihat ulasan di atas pasti Anda sudah menyimpulkan mana yang jadi unggulan masing-masing. Secara umum ketiganya memang memiliki beberapa kelebihan tersendiri.

Realme 5 menjadi perangkat mobile unggulan berkualitas tinggi di industri, jauh melampaui level harganya. Jika ingin memiliki perangkat dengan kemampuan fotografi mumpuni dikelasnya, kecepatan performa handal dengan baterai yang prima serta desain yang stylish, maka inilah pilihannya.

Sementara Samsung Galaxy A20s punya kekuatan sendiri dengan performa yang cukup apalagi untuk mereka yang masih memperhatikan kekuatanbrand. Untuk unggulan lainnya pada dasarnya Galaxy A20s adalah sebuah perangkat yang mumpuni dengan harga terjangkau.

Sedangkan untuk Redmi Note 8 tidak bisa dibantah lagi jika perangkat ini sangat kompetitif. Dari desain, spesifikasi, fitur kamera, hingga baterai benar-benar menawarkan lebih dari apa yang ditawarkan lewat banderol harganya.

Kesimpulannya mana yang lebih unggul? Jadi, jika Anda sedang memilih di antara ketiganya, bacalah dengan seksama pembahasan kami di atas. Sebab, pilihan Anda akan kembali ke preferensi pribadi masing-masing sesuai kebutuhan. [ikh]

Komentar

x