Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:53 WIB

Galaxy S11 Punya Kamera Periskop Bernama 'Hubble'?

Selasa, 12 November 2019 | 12:12 WIB
Galaxy S11 Punya Kamera Periskop Bernama 'Hubble'?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Bocoran terkait flagship berikutnya dari Samsung, yakni Galaxy S11, semakin banyak beredar di internet. Rumor sebelumnya mengatakan Samsung akan membekali Galaxy S11 dengan kamera periskop dengan kemampuan 5x optical zoom.

Kabar ini semakin diperkuat dengan paten yang didaftarkan ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Teknologi yang dipatenkan diberi nama 'Space Zoom' yang secara internal konon disebut sebagai 'Hubble'.

Dari paten yang dikuak oleh Let's Go Digital, paten teknologi ini terdaftar pada 6 November lalu. Dalam patennya, tertera jelas keterangan 'software untuk memperbesar subyek tanpa mengurangi kualitas gambar' alias kemampuan lossless zoom.

Kode nama 'Hubble' yang digunakan mengindikasikan bahwa teknologi ini juga akan mendukung pemotretan astrofotografi atau fotografi benda-benda langit.

Sekedar informasi, Hubble merupakan teleskop antariksa pertama di dunia yang mengorbit tahun 1990.

Teleskop Hubble menjadi tonggak penting pengambilan gambar di antariksa. Jepretan kamera Hubble menghasilkan foto-foto yang banyak dipublikasi di buku-buku tentang antariksa.

Segala macam obyek antariksa mulai dari obyek sedekat bulan ke galaksi paling terpencil hingga foto-foto supernova dan nebula berhasil ditangkap. Mungkin saja, Samsung terinspirasi dari kemampuan Hubble.

Kembali ke astrofotografi, fitur ini mulai ditawarkan beberapa vendor smartphone belakangan. Seperti Huawei P30 Pro yang mengklaim kemampuan periskopnya bisa memotret bulan dengan apik, terlepas kontroversi software yang sempat ramai.

Baru-baru ini, Google Pixel 4 juga menawarkan fitur serupa. Selain 'Space Zoom', kamera Galaxy S11 kabarnya masih akan mengangkut fitur-fitur yang sudah melekat di Galaxy Note 10.

Mengutip Phone Arena, salah satu pemasok Samsung mengatakan bahwa mereka telah membangun pabrik khusus untuk membuat sensor ToF (Time of Flight).

Sensor ini sudah ada sebelumnya di Galaxy Note 10+. Kemungkinan, kemampuan ToF akan ditingkatkan dan akan menyebar ke smartphone menengah Samsung.

Belum banyak spesifikasi maupun keterangan lebih lanjut tentang teknologi 'Space Zoom' yang disebut akan disematkan ke Galaxy S11.

Rumor ini baru akan terjawab kebenarannya saat Galaxy S11 resmi diluncurkan pada Februari tahun depan.

Komentar

x