Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 02:25 WIB

Tribelio, Aplikasi Berbasis Komunitas untuk Bisnis

Oleh : Taufiqqurakhman | Senin, 11 November 2019 | 00:00 WIB
Tribelio, Aplikasi Berbasis Komunitas untuk Bisnis
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Platform komunitas dan bisnis UKM di Indonesia sudah ada beberapa, namun platform yang menggabungkan keduanya masih sangat sedikit. Tribelio pun hadir membidik segmen tersebut.

Tribelio adalah sebuah All in One Community Management Platform yang produknya berupa aplikasi mobile maupun situs internet.

"Yang membedakan Tribelio dengan grup WhatsApp, grup Facebook, dan grup Telegram adalah fitur info database anggota, bisa kirim email, dan lain-lain," ujar Denny Santoso, CEO & Founder Tribelio.com, baru-baru ini, di Jakarta.

Dia menjelaskan kalau Tribelio adalah aplikasi berbasis komunitas yang di dalamnya ada berbagai forum yang juga bisa dipakai untuk forum jual beli.

Di forum-forum Tribelio tersebut ada pemilik/ admin grup yang di sini disebut sebagai Chiefs.

"Dengan Tribelio ini, pengelolaan sepenuhnya ada di tangan si pelaku bisnis itu. Dimana dia sebagai pemilik group, atau biasa kami sebut sebagai Chiefs, dapat mengelolanya secara penuh," kata Denny.

Dia menjelaskan jika para pelaku bisnis biasanya membuat grup komunitas bisnisnya di platform media sosial yang sudah ada di publik. Namun, platform-platform tersebut untuk akses penggunaannya masih terbatas.

Misalnya saja dalam memasukkan konten, ataupun ketika ingin mengakses database masing-masing member komunitas sangat terbatas jalannya.

Tribelio ini, lanjut Denny, dapat menjadi jawaban untuk kebutuhan entrepreneur, business owner, brand owner, hingga influencers dalam mengelola bisnisnya melalui komunitas.

"Jika komunitas dikelola dengan baik, maka mereka dapat membantu keberlangsungan sebuah bisnis," ujarnya.

"Jika ingin jadi Chief di Tribelio, maka pengguna harus mendaftar dengan biaya sebesar Rp850 ribu. Nantinya dengan menjadi Chief pengguna bisa mendapat akses ke database para member di forum/komunitas yang ia pegang," imbuh Denny.

Dia pun menjelaskan kalau pengguna yang hanya ingin jadi member biasa, tidak dikenakan biaya apapun.

"Bagi member yang ingin masuk ke forum/komunitas tertentu di Tribelio berdasarkan minat mereka, harus terlebih dahulu meminta rikues ke Chief pemilik komunitas/forum yang bersangkutan," terang Denny.

Selain itu pihak Tribelio juga memberikan edukasi untuk para Chief maupun member layanan mereka, berupa berbagai jenis seminar bisnis maupun pertemuan komunitas dengan berbagai topik.

Denny menambahkan dengan membangun hubungan yang baik antara Chief dengan member, maka kecil kemungkinan orang untuk tidak menjadi loyal dengan bisnis yang dimiliki oleh Chiefs, karena 'People do not refund Relationship, but people do refund transactions', demikian ungkapnya.

"Ketika good relationship terbangun antara pebisnis dengan customer; influencer dengan follower, maka mereka tidak akan mudah berpaling," tambah Denny.

Tribelio yang baru saja soft lauching pada 19 September 2019 lalu, saat ini sudah memilki lebih dari 20 ribu lebih pengguna dan tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu orang yang telah memperoleh manfaat dari keberadaan platform Tribelio adalah dr. Arthur Simon. Pria yang berprofesi sebagai dokter kulit dan kecantikan di Kalimantan Timur ini bahkan telah memiliki lebih dari tiga ribu member komunitas di Tribelio.

Sosok Arthur yang selalu memberikan motivasi hingga berbagai tips and trick kepada para pasien membuat masyarakat tidak hanya tertolong namun setia mengikuti segala sesuatu hal yang dilakukan oleh dokter Arthur, termasuk membeli produk-produk terbarunya.

"Para member saya memang percaya akan kredibilitas yang saya bangun, dan ini tidak saya bangun dalam waktu satu atau dua hari. Kita sebagai leader atau pemimpin harus konsisten dalam memiliki visi juga misi," ujar Arthur.

Nama Tribelio berasal dari kata 'tribe' yang berarti sekelompok orang yang terhubung satu sama lain.

Tribelio menyediakan fitur dan alat untuk pengusaha, pemilik bisnis, merek, influencer, dan siapa saja yang ingin menjadi "tribe" atau kepala suku (pemimpin).

Berikut adalah fitur yang diberikan oleh pihak Tribelio kepada para Chief:

- Detailed Data Analytics

Dapat memantau aktivitas dalam sebuah komunitas, seperti post engagements (posting terbanyak, kontribusi terbanyak), perilaku member (keaktifan member, lokasi), minat paling disukai oleh member, hastag, dan lainnya.

- Advance Marketing Tools

Dapat membantu mengelola Omni Channel Autoresponder aktivitas komunitas, seperti: Email, SMS, Push Notifications, Inbox dan Event Management.

- Growth Hacks Tools

Akan membantu meningkatkan jumlah anggota dengan Marketing Automation Google.

Buka situs Tribelio di www.tribelio.com atau unduh aplikasi mobile-nya via Google Play Store.

Komentar

Embed Widget
x