Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 17:30 WIB

Peugeot: Mulai dari Perkakas, Sepeda, Hingga Mobil

Kamis, 31 Oktober 2019 | 15:15 WIB
Peugeot: Mulai dari Perkakas, Sepeda, Hingga Mobil
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menyebut nama Peugeot, kita pasti langsung terbayang produsen mobil Prancis dengan produk-produknya yang elegan. Namun, ternyata Peugeot punya sejarah panjang sebelum menjelma menjadi transporter yang berkiprah dalam dunia otomotif global.

Peugeot yang sekarang dikenal sebagai salah satu merek mobil yang dibawah naungan Grup Astra di Indonesia, ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang. Bukan saja di Indonesia, tapi juga dari tanah kelahirannya, Prancis.

Selama lebih dari 200 tahun, ternyata nama Peugeot dan logo singa sudah berkiprah. Justru awal kelahiran, Peugeot bukanlah pabrikan otomotif. Sepak terjang Peugeot begitu berwarna dalam berbagai industri di Prancis.

Di awal kehadirannya, Peugeot dikenal sebagai produk alat perkakas, penumbuk lada, sepeda, sepeda motor, hingga akhirnya mobil.

Sejarah unik semenjak tahun 1810 dimulai oleh Jean-Pierre II dan Jean-Frederic yang merupakan anak dari Jean-Pierre Peugeot dengan membuka industri di bawah nama Peugeot. Usaha pertama mereka merupakan industri pengecoran baja yang menandai era pertama industri dari keluarga Peugeot.

Ekspansi terhadap produk lainnya pun mulai dilakukan dengan memulai produksi gergaji, pegas, dan tulang baja pada payung. Logo singa pun muncul pertama kali pada tahun 1850 pada gergaji yang mereka produksi.

Mulai tahun 1882, Peugeot mulai memproduksi sepeda yang akhirnya mereka kembangkan dengan turut memproduksi sepeda motor mulai tahun 1885 hingga saat ini.

Akhirnya, pada tahun 1888 di bawah kepemimpinan Armand Peugeot, merek dagang Peugeot mulai memasuki bisnis otomotif. Mobil pertama yang mereka produksi merupakan mobil bermesin steam yang pertama kali dijual pada tahun 1891.

Seiring dengan berjalannya waktu, konsistensi Peugeot berkecimpung menjadi produsen otomotif terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman hingga sekarang. Mulai dari mesin steam, bensin, diesel, hybrid, hingga full elektrik.

Peugeot terus turut menjadi bagian dari sejarah otomotif global selama lebih dari 200 tahun merek ini berdiri. Sekarang ini, Peugeot merupakan bagian dari PSA Group yang membawahi beberapa merek lainnya seperti Citroen, DS Mobile, Opel, dan Vauxhall.

Sementara di Indonesia, Peugeot sudah dikenal sejak tahun 1972 saat Astra secara resmi menjadi distributor Peugeot. Mulai dari model 504, 505, 206, 306, 406, 407, dan lainnya.

Kenyamanan suspensi mobil besutan Prancis ini begitu melekat karena sudah mengikuti pekembangan Indonesia sendiri sampai sekarang ini dimana model yang beredar di Indonesia telah menjadi SUV yaitu Peugeot 3008 dan 5008.

Pengalaman Peugeot di dunia selama lebih dari 200 tahun dan Astra di Indonesia lebih dari 47 tahun pun menjadi sebuah jaminan tersendiri dalam kualitas dan kenyamanan sebuah kendaraan.

PT Astra International dengan Astra Peugeot-nya, kini memberikan jaminan 5 Years Peace of Mind dimana Warranty produk Astra Peugeot diberikan selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, PMP (Peugeot Maintenance Package) yaitu Free Servis Berkala (Jasa dan Sparepart) selama 5 tahun atau 60.000 kilometer untuk pembelian unit kendaraan dari Astra Peugeot, serta 5 tahun layanan 24 Jam Emergency Roadside Assistance dari Astraworld.

Saat ini, jaringan Astra Peugeot terdapat di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo, dan Surabaya.

Komentar

x