Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 06:38 WIB

Nissan Berencana Melepas Merek Datsun

Jumat, 25 Oktober 2019 | 18:30 WIB
Nissan Berencana Melepas Merek Datsun
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Yokohama - Nissan Motor Co Ltd kemungkinan akan melepas merek Datsun sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan laba perusahaan, demikian pernyataan dua sumber perusahaan seperti dilansir Reuters.

"Kami perlu memetakan skema pemulihan, tetapi masalahnya justru semakin dalam," kata salah satu sumber tentang masalah yang dihadapi Nissan.

Pemangkasan merek yang kurang memberikan keuntungan untuk perusahaan itu disebut sebagai 'rencana pemulihan kinerja'.

Pelepasan Datsun juga dianggap sebagai terobosan tajam strategi Nissan untuk mengejar target penjualan di AS dan pasar utama lainnya.

Sumber itu mengatakan Nissan kemungkinan akan menghentikan produksi Nissan Titan versi diesel dan kabin tunggal karena tidak memberikan keuntungan.

Sementara, narasumber kedua mengatakan pabrik Datsun di beberapa negara kecuali China, sedang dipantau oleh kantor pusat, dan kemungkinan akan dibatasi produksinya.

Sumber itu juga mengatakan, tidak ada rencana Nissan untuk menutup seluruh pabrik atau menarik operasi mereka dari negara mana pun.

"Kami berusaha untuk membersihkan apa yang telah terjadi pada masa lalu," kata salah satu sumber yang menambahkan bahwa di bawah Carlos Ghosn, Nissan berusaha memenuhi target penjualan.

Sumber itu mengatakan bahwa tujuan utama rencana pemangkasan merek itu adalah demi memusatkan fokus perusahaan pada pasar AS dan China.

Datsun merupakan merek yang dihidupkan kembali pada era Ghosn untuk pasar negara berkembang setelah perusahaan itu menghentikan merek Datsun pada 1980-an. Pusat produksi Datsun tersebar di Indonesia, India, dan Rusia.

Di Indonesia, misalnya, setelah melewati awal yang baik, penjualan Datsun justru memakan penjualan produk utama Nissan.

"Kami akhirnya mendorong dua merek utama di dalam sebuah pasar dengan pangsa pasar satu atau dua persen. Anda tidak bisa melakukan itu," kata salah satu sumber yang menambahkan bahwa hasil yang sama diraih di India, Afrika Selatan, dan Rusia.

Namun, Nissan menolak memberikan berkomentar terkait rencana pelepasan merek Datsun itu. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x