Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 23:18 WIB

Mercedes-Benz S600 Guard

Mengulas Mobil Dinas Terbaru Presiden Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 11:30 WIB
Mengulas Mobil Dinas Terbaru Presiden Jokowi
(Mercedes-Benz)
facebook twitter

BARU saja dilantik, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin segera mendapatkan mobil dinas baru. Mereka akan menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard seri terkini yang didatangkan langsung dari Jerman.

Mercedes-Benz S600 Guard merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang. Sedan mewah ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Tak cuma tahan serangan peluru, sedan luxury ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Sebab, mobil yang ada saat ini merupakan warisan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Mobil tersebut kabarnya sudah sering rusak hingga tak jarang mogok.

Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi dengan inovasi teknologi terbaru, seperti Driver Assistance PLUS, atau sistem bantuan DISTRONIC PLUS. Di mana pengemudi bisa dimudahkan dengan adanya teknologi Stop & Go Pilot, Rem BAS PLUS, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake dengan pengenalan pejalan kaki, dan rem parkir listrik.

Tak hanya itu, ada juga fitur Night View Assist Plus, Sistem Lampu Cerdas LED, dan Kamera 360.

Di dalam kabin, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kursi di belakang dan di sisi penumpang depan memiliki sandaran kaki dan bantal. Selain itu, kursi belakang juga memiliki sistem multicontour, yang bisa membuat penumpang mengatur mode penghangat dan pijat.

Mobil ini juga menyediakan telepon bisnis di bagian belakang dengan handset dan layar sentuh. Ada juga lampu baca dengan teknologi LED.

Dari sisi dapur pacu, Mercedes-Benz S600 Guard mengusung mesin bensin V12 Biturbo berkapasitas 6000cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 530 hp dengan torsi 830 Nm. Mobil ini dibekali transmisi otomatis 7G-TRONIC.

Pihak Mercedes juga mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar mobil ini dapat dibuat lebih hemat saat dalam kondisi pelarian dari zona berbahaya atau menghadapi ancaman.

Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S600 Guard disebut sebagai salah satu mobil dengan tingkat keamanan tertinggi adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing. Ya, tangki diklaim anti bocor dan bisa memadamkan api.

Adapun sisi kenyamanannya didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP).

Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

[ikh]

Komentar

x