Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 20:32 WIB

Google Siap Luncurkan Stadia pada 19 November 2019

Jumat, 18 Oktober 2019 | 23:00 WIB
Google Siap Luncurkan Stadia pada 19 November 2019
(theverge.com)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Google resmi mengumumkan waktu peluncuran layanan cloud gaming besutan mereka, Stadia, yakni pada 19 November mendatang.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Senior VP Devices and Services Google, Rick Osterloh, dalam ajang Made by Google 2019 yang digelar baru-baru ini.

"Stadia bakal tersedia pada 19 November," ujar dia, seperti dilansir The Verge.

Sayangnya, Osterloh tidak membeberkan hal apa pun soal Stadia, selain tanggal ketersediaannya. Namun, ada beberapa hal yang sudah diumbar oleh Google pada acara perkenalan Stadia pada Maret lalu.

Stadia merupakan platform gaming yang bisa dimainkan secara streaming tanpa harus membeli konsol, mengunduh game, atau membeli disk. Semua pengolahan data game bertumpu pada komputasi awan (cloud) atau pusat data Google.

Karena memanfaatkan hardware yang berada di server, Stadia pun bisa dimainkan di berbagai perangkat yang memiliki layar, mencakup TV (dengan bantuan Chromecast Ultra), laptop, serta smartphone Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4 dan Pixel 4XL.

Untuk kemudahan mengontrol, pemain bisa menggunakan kontroler yang sudah dimiliki, termasuk keyboard, mouse, PS4 controller, dan Xbox controller.

Google juga menyediakan Stadia Controller yang memiliki fungsi mirip kontroler Xbox, namun dengan ekstra tombol Google Assistant dan tombol perekaman untuk mengambil foto dan video dari permainan.

Mengenai performa, Stadia mampu menampilkan gambar dengan resolusi hingga 4K dengan frame rate 60 fps dan sudah disertai dengan teknologi suara 5.1 Surround Sound untuk membantu menghasilkan output suara yang menggelegar ketiga bermain game.

Stadia pun bisa memainkan game 'AAA' atau game high-end terkini, seperti Cyberpunk 2077, Destiny 2, Baldur's Gate 3, Red Dead Redemption 2, hingga The Division 2.

Untuk awalnya, Stadia bakal diluncurkan di 14 negara, mencakup Belgia, Finlandia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Inggris, dan AS.

Negara-negara lain rencananya bakal menyusul pada 2020 mendatang. Meski demikian, Google belum menyebutkan kawasan mana saja yang bakal disambangi oleh Stadia di tahun depan. [ikh]

Komentar

x