Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 22:30 WIB

Wuling Almaz Sabet FORWOT Car of the Year 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 | 02:00 WIB
Wuling Almaz Sabet FORWOT Car of the Year 2019
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setelah melewati proses penjurian yang cukup ketat, akhirnya Wuling Almaz terpilih sebagai mobil terbaik tahun 2019 versi jurnalis otomotif Indonesia.

Menyisihkan empat pesaingnya, SUV andalan Wuling itu berhasil menyabet FORWOT Car of the Year 2019. Gelar tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kepada mobil terbaik di tahun ini.

Wuling Almaz sukses mengalahkan empat finalis terbaik lain sebagai lawan beratnya, yakni Suzuki Jimny, DFSK Glory 560, Honda Brio, dan Mazda3.

Dewan juri yang terdiri dari 21 orang jurnalis yang telah lama meliput industri otomotif di Tanah Air menempatkan Wuling Almaz di posisi pertama dengan raihan nilai 159 poin, unggul dari Suzuki Jimny (140 poin), DFSK Glory 560 (92 poin), Honda Brio (89 poin), dan Mazda3 (80 poin).

Baca juga: Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019

Pada penyelenggaraan tahun ini, FORWOT telah menyaring 36 mobil yang benar-benar baru (bukan minor change, major change, atau penambahan varian) yang diluncurkan dan dipasarkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia selama periode Agustus 2018 hingga Juli 2019.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan peserta tahun 2018 (23 mobil) dan tahun 2017 (32 mobil).

Ketua Umum FORWOT Indra Prabowo menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada 'Car of the Year' dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.

"Ada 21 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FORWOT Car of the Year 2019. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra, di sela-sela penyerahan gelar FORWOT Car of the Year 2019, di Dhonika Cafe, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa sore (15/10/2019).

Adapun kriteria penjurian meliputi aspek-aspek mulai dari desain, comfort (kenyamanan), safety (keamanan), economy, handling, performance, functionality, environmental requirement, driver satisfaction, dan price (harga).

Selain itu, tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Indra berharap, ajang FORWOT Car of the Year yang telah memasuki tahun kesembilan ini mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri FORWOT Car of The Year 2019 Jeffry Yanto Sudibyo menjelaskan Wuling Almaz menjadi mobil bermerek asal China pertama yang menjadi pemenang di ajang tahunan FORWOT ini.

"Wuling Almaz bisa terpilih menjadi FORWOT Car of The Year 2019 karena menurut penilaian para juri sudah memenuhi kebutuhan konsumen dengan fitur terlengkap di kelasnya, namun dengan harga jual yang terjangkau. Fitur WIND (Wuling Indonesian Command) yang dibenamkan dalam SUV ini juga menjadi salah satu sorotan para juri," papar Jeffry.

"Kami ucapkan selamat pada pemenang, dan kami berharap hasil ini bisa menjadi motivasi bagi para Agen Pemegang Merek (APM) untuk terus melakukan inovasi dan memberikan produk terbaik ke konsumen," lanjut dia.

Jeffry pun menjamin penjurian FORWOT Car of The Year 2019 dilakukan secara jujur, adil, dan independen tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu. [ikh]

Komentar

x