Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 19:58 WIB

Google Bakal Luncurkan Produk Smartwatch

Senin, 14 Oktober 2019 | 10:10 WIB
Google Bakal Luncurkan Produk Smartwatch
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Google bakal menggelar acara khusus pada 15 Oktober mendatang. Di acara ini, kabarnya Google akan mengumumkan pengembangan ponsel 5G, memperkenalkan dua smartphone Pixel terbaru, meluncurkan laptop baru, dan mungkin merilis sebuah produk jam tangan pintar atau smartwatch.

Mengutip Nikkei Asian Review, kehadiran perangkat-perangkat anyar ini menjadi inti dari strategi Google demi memikat konsumen dengan hardware merek sendiri dan dengan demikian memadukannya semakin dekat dengan mesin pencari yang dikenal lebih baik dan software yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI).

"Dua smartphone Pixel 4 sudah memasuki produksi massal dan akan siap dikirim setelah produk baru Google diluncurkan pekan ini," kata salah satu dari beberapa sumber yang dekat dengan situasi tersebut.

"Google juga sedang mengerjakan versi dengan teknologi 5G, yang sedang dalam uji produksi," imbuhnya.

Jika Google benar sedang membuat smartphone 5G, berarti menjadi perusahaan AS pertama yang masuk ke pasar ponsel 5G sekaligus menghadirkan tantangan langsung bagi Apple dan produsen ponsel terkemuka lainnya seperti Samsung dan Huawei.

Google tidak merahasiakan tujuannya untuk masuk ke pasar perangkat keras meskipun percepatan yang jelas dari rencana investasinya, dikombinasikan dengan kantong dalam perusahaan, akan meningkatkan tekanan pada pesaing.

Alphabet, perusahaan induk Google, memiliki sekitar US$117 miliar dalam bentuk tunai, sementara Apple US$102 miliar dolar.

"Menyatukan software dan hardware memang memiliki banyak nilai sinergis, dan cara utama untuk melakukannya hari ini untuk produk pencarian dan software inti kami adalah dengan menggunakan hardware," kata CEO Google Sundar Pichai kepada analis di konferensi Februari lalu.

Sebagai pendatang baru di pasar smartphone global, seri Google Pixel masih memiliki pangsa pasar kurang dari 0,5 persen, namun itu tumbuh secara eksponensial. Tahun ini, perusahaan menargetkan mengirimkan sebanyak 10 juta smartphone atau lebih dari dua kali lipat capaian tahun lalu.

Model 5G Google saat ini sedang diuji coba diproduksi di China. Tetapi untuk menghindari tarif AS dari sengketa perdagangan China, dan untuk mencari tenaga kerja yang lebih murah, semua produksi Google yang ditujukan untuk AS pada akhirnya akan dilakukan di luar China.

Opsi utamanya adalah fasilitas Vietnam yang kabarnya akan siap pada akhir tahun. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x