Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 22:32 WIB

Google Photos Siapkan Filter Colorize

Senin, 14 Oktober 2019 | 08:00 WIB
Google Photos Siapkan Filter Colorize
(9to5Google)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Google sempat memperkenalkan fitur Colorize sebagai filter pada aplikasi Google Photos, di ajang Google I/O 2018 silam.

Filter ini sejatinya bisa menyulap foto monokrom atau hitam putih menjadi berwarna, dengan memanfaatkan teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI).

Kini, 9to5Google pun memamerkan sejumlah foto yang diedit menggunakan filter yang belum meluncur tersebut.

Berdasarkan beragam gambar yang diunggah oleh situs situs seputar Google itu, foto-foto yang diedit menggunakan filter Colorize tampak menghasilkan warna vintage atau nuansa zaman dahulu.

Rangkaian gambar tersebut bisa dibilang seperti foto yang diambil menggunakan kamera saku analog.

Seperti terlihat di atas, foto yang diberi efek Colorize (gambar ketiga) agaknya belum menyerupai foto aslinya (gambar pertama), meski Google bisa mengubah warna gambar hitam-putih pada foto kedua.

Jika dibandingkan dengan foto asli, objek sungai dan pagar pembatas, misalnya, memang berwarna lebih cerah.

Namun, efek tersebut sepertinya terlalu menekankan pada warna cokelat. Padahal, objek sungai di gambar asli tampak jernih berwarna biru, sementara pagarnya sendiri berwarna putih keabu-abuan.

Nantinya, saat fitur ini sudah digelontorkan oleh Google kepada pengguna umum, fitur Colorize bakal muncul secara otomatis di deretan filter ketika pengguna mengedit foto hitam putih di aplikasi Google Photos.

Adapun foto-foto yang dideteksi ini, tampaknya harus tersimpan di server Google.

Artinya, pengguna harus menyalakan fitur 'Backup & Sync' agar foto di memori internal ponsel juga diunggah ke server Google Photos.

Saat diuji coba oleh 9to5Google, fitur Colorize sendiri masih dalam versi beta. Artinya, masih ada bug yang mungkin melanda pengguna ketika menerapkan fitur ini, misalnya seperti proses penerapan warna yang cukup lama.

Masih belum diketahui, kapan Google akan resmi meluncurkan fitur tersebut. Kita nantikan saja bersama. [ikh]

Komentar

x