Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 18:09 WIB

Nissan Umumkan CEO Baru Gantikan Carlos Ghosn

Minggu, 13 Oktober 2019 | 14:14 WIB
Nissan Umumkan CEO Baru Gantikan Carlos Ghosn
facebook twitter

INILAHCOM, Yokohama - Nissan Motor Co Ltd mengumumkan telah menunjuk Wakil Presiden Senior dan Presiden Dongfeng Motor, Makoto Uchida, sebagai CEO baru Nissan menggantikan Carlos Ghosn.

Raksasa otomotif asal Jepang ini juga menunjuk Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation, Ashwani Gupta, sebagai pejabat eksekutif perwakilan dan Chief Operating Officer Nissan.

Pengangkatan tersebut dimaksudkan berlaku selambat-lambatnya 1 Januari 2020, kata Nissan Motor dalam pernyataan resminya.

"Kami mengharapkan Uchida untuk memimpin perusahaan sebagai satu tim, segera fokus pada pemulihan bisnis dan merevitalisasi perusahaan. Kami berharap Gupta dan Seki memanfaatkan sepenuhnya keahlian dan pengalaman mereka untuk mendukung CEO baru," kata Yasushi Kimura, Ketua Dewan Direksi Nissan.

Uchida, 53 tahun, telah bekerja di perusahaan itu sejak 2003 dan ditunjuk untuk memimpin operasinya di China tahun lalu. China dianggap sebagai pasar utama bagi Nissan.

Dalam waktu kurang dari setahun sejak Carlos Ghosn digulingkan sebagai ketua atas tuduhan pelanggaran keuangan, laba Nissan telah jatuh, penjualannya turun dan kepemimpinannya telah terkikis, demikian tulis New York Time.

Bulan lalu, kepala eksekutifnya, Hiroto Saikawa, mengundurkan diri karena masalah gaji. Kekacauan telah menyebabkan eksodus karyawan puncak, dan perusahaan ini memangkas 12.500 pekerja di seluruh dunia.

Nissan adalah bagian dari aliansi global dengan perusahaan Prancis Renault dan Mitsubishi Motors Jepang, tetapi Nissan dan Renault telah berulang kali berselisih soal masalah manajemen.

"Uchida dipilih karena pengalamannya di luar negeri, serta pemahamannya tentang pentingnya aliansi dengan Renault dan Mitsubishi," kata kepala komite nominasi dewan, Masakazu Toyoda, kepada wartawan. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x