Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 00:03 WIB

Riset LPEM FEB UI

Tokopedia Genjot Ekonomi Digital di Indonesia

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 10 Oktober 2019 | 21:19 WIB
Tokopedia Genjot Ekonomi Digital di Indonesia
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tokopedia terbukti berhasil mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Dampak pemerataan ekonomi digital tersebut bahkan sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat hampir di seluruh wilayah Tanah Air, mulai dari Aceh sampai Papua.

Riset yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) di 2019 membuktikan bahwa Tokopedia telah memberikan pengaruh besar untuk perekonomian Indonesia. Terutama melalui kolaborasi yang selama ini terjadi antara para penjual, pembeli dan para mitra bisnis Tokopedia.


"Untuk dampak langsung terhadap perekonomian Indonesia di 2018, Tokopedia telah berkontribusi sebesar Rp 58 triliun. Angka itu diprediksi akan meningkat menjadi Rp 170 triliun di 2019 menurut riset LPEM FEB UI," kata William di Jakarta, Kamis (10/10)..

Dia menambahkan, kontribusi ekonomi langsung dari Tokopedia ini tidak hanya terjadi di Pulau Jawa. Kontribusi ini ikut menggerakkan ekonomi di Sulawesi Utara Rp 160 miliar, Aceh Rp 262 miliar, Kalimantan Timur Rp 933 miliar, Sumatera Utara Rp 2,79 triliun dan Bali Rp 822 miliar.

"Hasil riset LPEM FEB UI juga menemukan bahwa Tokopedia juga turut menambah total pendapatan rumah tangga sebesar Rp 19,02 triliun yang setara dengan peningkatan pendapatan sebesar Rp 441.000 untuk setiap angkatan kerja di Indonesia," pungkasnya

Selaim itu disebutkan dalam riset tersebut pengaruh Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia tak lepas dari jumlah lapangan kerja yang berhasil diciptakan. Menurut riset LPEM FEB UI, selama 2018, Tokopedia telah berhasil menciptakan 857 ribu lapangan kerja baru, dari penjual aktif Tokopedia yang berada Aceh sampai Papua.

Jumlah ini setara dengan 10,3% dari total lapangan pekerjaan baru untuk Indonesia pada tahun 2018. Sebanyak 309 ribu di antaranya bahkan menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama.

Komentar

x