Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 15:02 WIB

Samsung Rilis Chromebook 4 dalam Dua Ukuran Layar

Kamis, 10 Oktober 2019 | 10:10 WIB
Samsung Rilis Chromebook 4 dalam Dua Ukuran Layar
(Samsung)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Setelah hampir empat tahun tidak diperbarui, lini laptop Chromebook Samsung akhirnya mendapat penyegaran.

Samsung resmi memperkenalkan Chromebook 4 yang membawa desain dan spesifikasi baru.

Mengutip The Verge, Chromebook 4 memiliki dua versi, yakni versi reguler dan 'plus'. Perbedaannya terletak pada ukuran layar, 11,6 inci dan 15,6 inci. Kedua layar ini dibuat dengan panel LCD dan resolusi 1.366 x 768 piksel.

Kedua versi Chromebook 4 ini juga memiliki perbedaan desain. Untuk layar yang lebih kecil, bagian bezel yang mengelilingi layar terlihat tebal. Sementara versi dengan layar 15,6 inci, bezelnya tanpak lebih tipis.

Jika dilihat sepintas, tampilan muka Chromebook 4 dengan layar 15,6 inci terlihat mirip dengan MacBook Pro versi lawas. Sementara desain Chromebook 4 layar 11,6 inci tampak menyerupai Acer Chromebook Flip C302.

Bodi laptop anyar ini juga terlihat lebih solid ketimbang pendahulunya. Ketebalannya dibuat dengan ukuran lebih ramping sehingga tampak lebih modern dan kekinian.

Bagian jeroannya pun mendapat cukup banyak pembaruan. Dapur pacunya dibekali dengan chipset Intel Celeron N4000 yang dipadankan dengan dua pilihan RAM dan penyimpanan, yakni RAM 4GB dan 6GB, serta storage eMMC 32GB dan 64GB.

Kedua perangkat Chromebook 4 ini kini telah dibekali dengan port USB Type-C untuk mengisi ulang daya. Namun, jumlah port USB Type-C yang tersedia berbeda-beda.

Samsung Chromebook 4 versi 11 inci hanya memiliki satu port, sementara untuk versi layar 15 inci punya dua port USB Type-C.

Samsung mengklaim bahwa baterai Chromebook 4 untuk versi layar lebih kecil bisa bertahan hingga 12,5 jam waktu pemakaian. Sedangkan untuk versi layar yang lebih besar bisa bertahan hingga 10,5 jam.

Seperti pendahulunya, Samsung Chromebook 4 tidak dibekali dengan layar sentuh.

Laptop dengan sistem operasi ChromeOS besutan Google itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu US$229 atau sekitar Rp3,2 juta untuk versi reguler dan US$299 atau sekitar Rp4,2 juta untuk versi dengan layar lebih besar. [ikh]

Komentar

x