Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 23:55 WIB

macOS 10.15 Catalina Sudah Bisa Diunduh

Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:30 WIB
macOS 10.15 Catalina Sudah Bisa Diunduh
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Cupertino - Apple resmi merilis pembaruan sistem operasi macOS 10.15 Catalina yang sudah bisa diunduh oleh pengguna komputer Mac dan laptop MacBook mulai Selasa kemarin (8/10/2019).

Update terbaru itu dapat diunduh secara gratis melalui ikon Apple di pojok kiri atas komputer Mac, pilih 'System preferences' lalu klik 'Software update'. Karena ukurannya sekitar 8GB, maka pengguna disarankan mengunduh dengan menggunakan koneksi WiFi.

macOS Catalina menandai berakhirnya layanan iTunes. Aplikasi tunggal tersebut kini dipecah menjadi beberapa aplikasi, yaitu Apple Music, Podcasts, dan Apple TV.

Semua fungsi iTunes sebelumnya tetap bisa dijumpai di masing-masing aplikasi, sesuai dengan peruntukkannya. Sementara untuk sinkronisasi iPhone dan iPad, pengguna bisa melakukannya melalui aplikasi Finder.

macOS Catalina juga memiliki dukungan untuk aplikasi iPad di macOS, melalui Project Catalyst, yang bisa menjalankan beberapa software dari tablet Apple ke komputer dekstop atau laptop.

Terdapat juga fitur Sidecar dimana pengguna iPad bisa menjadikan layar komputer Mac sebagai layar sekunder, baik secara nirkabel maupun dengan kabel.

Fitur tambahan lain yang disertakan adalah Screen Time dan proteksi privasi yang lebih ketat, seperti aplikasi yang harus meminta izin akses ke desktop, dokumen, iCloud Drive, dan penyimpanan eksternal.

Fitur keamanan lain yang tak kalah penting adalah Activation Lock. Dengan fitur ini, laptop atau desktop Mac yang memiliki chip keamanan T2 tidak bisa dihapus atau diaktifkan kembali tanpa password Apple ID, mirip di fitur antimaling yang dimiliki oleh iPhone.

Untuk melihat fitur-fitur baru macOS Catalina, Anda bisa langsung sambangi tautan berikut. [ikh]

Komentar

x