Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 23:38 WIB

Samsung Patenkan Ponsel Layar Fleksibel Geser

Rabu, 9 Oktober 2019 | 13:30 WIB
Samsung Patenkan Ponsel Layar Fleksibel Geser
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Inovasi Samsung terus berlanjut. Kali ini raksasa teknologi Korea Selatan itu kabarnya tengah menyiapkan perangkat smartphone dengan layar fleksibel yang dapat digeser. Seperti apa?

Hal tersebut terungkap melalui sebuah paten yang diajukan Samsung ke Organiasasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Paten itu memerlihatkan sebuah desain ponsel dengan layar fleksibel yang bisa digerakkan naik turun dengan mekanisme sliding.

Pada paten tersebut, desain ponsel tampak tak berbeda dengan ponsel kebanyakan. Tak diketahui berapa besar bentang layar ponsel yang tampak dalam desain, namun pada bagian atas terlihat adanya bezel dengan kamera depan, speaker, dan sejumlah sensor di dalamnya.

Mengutip Gizmochina, desain sliding seperti ini sebenarnya sudah dimiliki oleh Xiaomi Mi Mix 3, namun dengan mekanisme penggeseran yang berbeda.

Ketika layar Mi Mix 3 digeser, komponen yang bergerak adalah bagian layar yang juga terhubung pada bodi. Berbeda dengan Samsung yang membuat sebuah layar fleksibel. Sehingga ketika digeser, bagian yang bergerak hanya panel layarnya saja, bukan bodi.

Sayangnya, masih belum diketahui seperti apa implementasi lebih lanjut untuk penggunaan layar geser ini nantinya. Namun yang paling mudah, mekanisme layar geser ini bisa digunakan untuk mengangkat atau menutup panggilan telepon yang masuk.

Meski demikian, desain ini baru sebatas pengajuan paten semata dan belum bisa dipastikan apakah akan benar-benar direalisasikan di kemudian hari atau tidak. Karena, bisa saja Samsung hanya sebatas mematenkan desain ponsel tersebut agar tidak dicuri pihak lain.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga Samsung memang benar-benar serius menggarap ponsel dengan mekanisme desain layar geser seperti ini. Kita nantikan saja bersama. [ikh]

Komentar

x