Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 23:51 WIB

218 Juta Akun Pemain Game Zynga Diretas

Selasa, 8 Oktober 2019 | 13:13 WIB
218 Juta Akun Pemain Game Zynga Diretas
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Server dari platform game Zynga dilaporkan telah menjadi korban serangan siber. Sejumlah data pengguna yang tersimpan dikabarkan berhasil dicuri oleh peretas.

Informasi yang beredar menyebut sekitar 218 juta akun pemain game buatan Zynga menjadi korban.

Mengutip The Next Web, data akun yang diretas terdiri dari nama pemain, alamat email, ID login, kata sandi, token untuk perubahan password, nomor kontak yang dicantumkan, serta nama akun Facebook atau Zynga apabila terhubung.

Dari pernyataan pihak Zynga, aksi peretasan terjadi pada 12 September 2019. Mereka menyebut masih dalam tahap investigasi dan kemungkinan akun yang diretas telah diakses oleh peretas.

Dilaporkan pula bahwa seseorang yang menggunakan nama Gnosticplayers merupakan pelaku peretasan. Hal ini diketahui dari karena dia memberikan klaim atas aksi tersebut di forum dark web atau pasar gelap internet.

Gnosticplayers diketahui sebagai peretas yang berasal dari Pakistan. Menurut laporan The Hacker News, dia sudah beraksi beberapa kali termasuk mencuri miliar data identitas pengguna internet dari 45 layanan online ternama.

Lebih parahnya, Gnosticplayers diprediksi akan melakukan aksi peretasan berjenis credential stuffing. Jenis serangan ini adalah dengan menggunakan kata sandi dari akun sebuah layanan digital yang sudah diretas untuk meretas akun yang sama di layanan lainnya.

Pihak Zynga menyebut bahwa ratusan juta akun yang diretas adalah akun pemain game World with Friends. Perusahaan tersebut tengah berusaha untuk mencegah peretasan akun ini menyebar ke game online yang mereka miliki.

Beberapa game online populer Zynga di antaranya adalah FarmVille, Words With Friends, Zynga Poker, Mafia Wars, and Caf World yang jumlah pemainnya sudah mencapai miliaran dari seluruh dunia. [ikh]

Komentar

x