Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 00:02 WIB

Cara Lindungi Akun Instagram dari Peretasan

Senin, 7 Oktober 2019 | 13:30 WIB
Cara Lindungi Akun Instagram dari Peretasan
(ist)
facebook twitter

AKSI peretasan di media sosial, termasuk Instagram, memang tak pernah ada habisnya.

Meski sistem keamanannya selalu diperbarui oleh pengelola, namun para penguna media sosial pun harus tahu cara melindungi akun mereka.

Berikut beberapa langkah untuk melindungi akun Instagram Anda dari aksi peretasan:

1. Pilih kata sandi yang kuat

Kata sandi atau password adalah kunci perlindungan utama setiap akun. Beberapa laporan mengenai aksi peretasan menyebutkan bahwa para korbannya menggunakan kata sandi yang lemah, misalnya mudah ditebak.

Untuk menbuat kata sandi yang kuat, Anda bisa menggunakan sesuatu yang hanya Anda ketahui sendiri. Kemudian dalam penulisan kata sandi tersebut, buat cara penulisan yang unik. Misalnya, menggunakan kombinasi huruf kapital dan angka.

2. Gunakan fitur autentikasi dua faktor

Fitur two-factor authentication atau autentifkasi dua faktor merupakan keamanan berlapis dalam proses login atau masuk ke akun.

Jadi, setiap proses login berlangsung maka layanan Instagram akan mengirimkan konfirmasi ke nomor kontak atau alamat email untuk dimasukan di proses login.

Hal ini dilakukan agar proses login dilakukan oleh Anda sendiri, bukan orang lain. Karena notifikasi berisi konfirmasi biasanya akan dikirim ke nomor kontak yang aktif di ponsel penggunanya, termasuk alamat email yang terpasang.

3. Amankan akun email yang digunakan di akun Instagram

Media sosial termasuk Instagram selalu terhubung dengan akun email utama. Jadi akun email yang digunakan juga sama pentingnya dengan akun Instagram Anda.

Cara paling aman yang bisa dilakukan masih serupa dengan kata sandi akun Instagram. Anda dianjurkan mengganti kata sandi secara berkala.

Jadi, jangan sampai akun email Anda jatuh ke tangan peretas karena semua aplikasi yang menggunakan akun tersebut juga terancam diretas.

4. Pilih aplikasi ketiga yang boleh terhubung ke akun Instagram

Media sosial sudah menjadi akun personal yang sangat penting. Banyak aplikasi atau layanan yang meminta terhubung ke media sosial sehingga mempermudah penggunanya untuk mendapatkan informasi terbaru bagi konsumen.

Meski demikian, Anda harus tetap memilih aplikasi ketiga atau third-party app mana saja yang boleh terhubung ke akun media sosial atau Instagram.

Jangan sampai ada aplikasi palsu yang terlihat menyerupai aplikasi asli dan Anda izinkan terhubung ke akun Instagram karena bisa saja kontrol akun Anda diambil alih.

5. Selalu logout akun Instagram apabila diakses lewat perangkat bersama

Instagram tidak hanya bisa diakses lewat smartphone. Aplikasi media sosial ini juga bisa diakses dari perangkat lain, misalnya laptop atau komputer desktop. Kedua perangkat tersebut adalah perangkat yang bisa digunakan bersama.

Apabila Anda pernah melakukan login Instagram di laptop maupun desktop maka jangan lupa untuk selalu logout.

Karena Anda tidak akan pernah tahu apakah orang lain yang juga menggunakan perangkat tersebut tidak akan berusaha mencari tahu akses akun Instagram Anda. [ikh]

Komentar

x