Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 22:44 WIB

Nissan Kenalkan Mobil Konsep Listrik Swakemudi

Kamis, 3 Oktober 2019 | 05:00 WIB
Nissan Kenalkan Mobil Konsep Listrik Swakemudi
(Nissan Global)
facebook twitter

INILAHCOM, Yokohama - Motor Company Ltd memperkenalkan mobil konsep anyar bertenaga listrik bernama Nissan IMk yang diklaim sebagai sebuah Ultimate Urban Commuter.

Diciptakan untuk mobilitas masyarakat perkotaan, Nissan IMk menawarkan keunggulan teknologi ProPILOT dengan kenyamanan interior layaknya sebuah 'kamar'.

"Sebagai sebuah mobil listrik kompak untuk era baru, Nissan IMk didesain agar sesuai untuk lingkungan perkotaan modern maupun di kota-kota kecil tradisional Jepang," kata Satoru Tai, Executive Design Director Nissan dalam keterangan resminya.

Dia menambahkan, Nissan IMk mengusung desain kompak, modern dan bersih dengan latar belakang Jepang yang kuat, dilengkapi teknologi ProPILOT dan fitur konektivitas dari Nissan.

"Mobil ini tidak terkekang oleh konsep konvensional dari segmen mobil kei, dan desainnya terjalin dengan budaya Jepang. Mobil ini adalah mobil listrik kompak mewah, yang saya harapkan akan dikemudikan oleh banyak pelanggan," kata Satoru Tai.

Tampilan dan proporsi Nissan IMk mencerminkan estetika minimalis berdasarkan filosofi desain baru Nissan yang dinamakan Timeless Japanese Futurism.

Eksterior mobil bercirikan garis yang mengalir dengan motif Jepang. Warna mobil mengambil skema cat Akagane yang merefleksikan kelir tembaga kemerahan guna memberikan penghormatan kepada para seniman yang membentuk tembaga menjadi karya seni fungsional.

Jika dilihat dari dekat, terdapat elemen 'DNA Jepang' dalam Nissan IMk. V-Motion menampilkan 'perisai' dan kombinasi lampu belakang yang merupakan ciri khas mobil Nissan yang menonjolkan kesan dan karya seni dari kayu.

"Kami menerapkan 'DNA Jepang' ke dalam desain Nissan IMk. Sebagai contohnya, tampilan bumper, roda, ban, jendela, tail ramp, atap, dan high mount spoiler mengambil motif mengalir mizuhiki, benang tipis yang dibuat dari kertas beras Jepang," papar Satoru Tai.

Konsep kabin Nissan IMk adalah 'kamar' yang memancarkan suasana kafe atau lounge. Kursi bergaya bench dengan tekstur berlesung menghadirkan ruangan yang nyaman.

Dasbor dan bagian pintu dilapisi dengan bahan tonal ringan. Aksen berwarna Akagane di sepanjang panel instrumen, pintu dan setir menambah kecerahan pada interior dan kesan premium pada kendaraan secara keseluruhan.

Bilah kayu saling bertautan dengan bagian pintu bawah, yang diambil dari teknik kerajinan kayu kigumi Jepang. Fitur estetika itu disorot dengan pencahayaan khusus yang tersembunyi.

Karpet lantai berwarna kopi gelap dengan untaian anyaman serat logam menambahkan kesan nyaman dan santai.

Selain tombol start dan shifter, dasbor tipis Nissan IMK tidak dijejali oleh kontrol fisik. Setelah mesin mobil ini dihidupkan, baru tampak kontrol dan pengaturan kenyamanan kabin dengan ikon bercahaya lembut dalam trim Akagane.

Sementara informasi kendaraan penting, seperti kecepatan dan navigasi muncul secara holografik melalui prisma tanpa bezel, sehingga memberikan kesan modern, sekaligus elegan.

Menurut Satoru Tai, desain interior itu guna menciptakan pengalaman berteknologi tinggi dengan nuansa yang nyaman dan santai.

"Kami bisa membuat semua permukaan di dalam kabin IMk menjadi datar, dan memberikan ruang fisik yang lebih banyak," kata dia.

"Tetapi jika kita melakukan hal ini, kita akan kehilangan sebagian dari keindahannya, dan kita tidak ingin melakukan itu. IMk tidak berfokus kepada menjadi lebih lapang daripada mobil kecil pada umumnya. Mobil ini ingin menjadi menjadi mitra kelas atas yang bergaya, yang memberikan ruang yang anggun dan elegan untuk dinikmati para penumpangnya," imbuh Satoru Tai.

Nissan IMk dilengkapi konektivitas yang mengizinkan penumpang terhubung dengan mobil melalui smartphone. Penentuan setelan pribadi, seperti posisi kursi, pencahayaan interior, kontrol iklim atau perencanaan perjalanan lebih mudah lewat gawai komunikasi itu.

Fungsi ini punya kelebihan lain. Nissan IMk dapat memberi tahu pengemudi tentang waktu keberangkatan terbaik melalui smartphone, dengan mempertimbangkan variabel-variabel seperti kemacetan lalu lintas.

Teknologi otonom juga dibenamkan ke dalamnya. ProPILOT 2.0 versi lanjutan membuat mobil bergerak sendiri. Nissan IMk sanggup mencari jalan sendiri atau menyalip kendaraan di depan, bahkan di jalan bebas hambatan.

Selain itu, ketika tiba di tujuan, mobil ini mampu mencari parkir atau dipanggil ke lokasi penjemputan. Canggihnya, fitur yang dinamai Remote Park ProPILOT ini bisa diaktifkan menggunakan smartphone.

Fitur keamanan juga dibuat mumpuni. Selama perjalanan, pengemudi dapat menikmati teknologi Nissan-to-Visible (I2V). Perangkat ini mampu melacak lingkungan terdekat kendaraan, dengan menggabungkan informasi dari sensor luar dan dalam kendaraan bersama data cloud.

Hasilnya, Nissan IMk bisa mengantisipasi objek yang datang di depan, termasuk juga menunjukkan apa yang ada di belakang gedung atau tikungan. Bimbingan diberikan secara interaktif dengan komunikasi yang mudah dipahami, termasuk memakai avatar yang muncul di dalam mobil.

Meski demikian, jantung mekanis elektrik dan spesifikasi baterai yang memberikan tenaga mobil belum diungkap jelas. Nissan hanya mengatakan bahwa mereka menerapkan pengalamannya sebagai pelopor teknologi mobil listrik selama lebih dari 10 tahun ke dalam Nissan IMk.

Mobil ini pun dipastikan bergerak dengan tingkat suara yang sangat senyap. Kemudian motor listriknya memberikan akselerasi dan respons terbaik, efektif dalam lalu lintas stop and go, bahkan lereng curam.

Semakin makin menarik, lantaran Nissan IMk bisa dijadikan sumber listrik rumah. Menggunakan Nissan Energy Share (kendaraan-ke-rumah), kapasitas baterai cadangannya bermanfaat menyeimbangkan kebutuhan energi rumah.

"Konsep IMk menghadirkan arah baru Nissan Intelligent Mobility, saat teknologi berkembang menuju elektrifikasi dan konektivitas," kata Asako Hoshino, Executive Vice President Nissan untuk Pemasaran Penjualan Global dan Bisnis EV.

Secara dimensi, Nissan IMk memiliki panjang 3.434 milimeter, dengan lebar tanpa pintu dan kaca sepanjang 1.512 milimeter. Adapun dimensi tinggi mobil ini adalah 1.644 milimeter.

Rencananya, mobil konsep terbaru besutan Nissan ini akan dipajang di atas panggung Tokyo Motor Show 2019 pada 24 Oktober hingga 4 November 2019.

[ikh]

Komentar

x