Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 00:00 WIB

Facebook Luncurkan Horizon, Game VR Multiplayer

Rabu, 2 Oktober 2019 | 18:00 WIB
Facebook Luncurkan Horizon, Game VR Multiplayer
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Raksasa jejaring sosial Facebook meluncurkan game berjudul Horizon, di mana para penggunanya bisa berinteraksi dengan teknologi Virtual Reality (VR).

Mengutip BBC, Horizon bisa menjadi sebuah 'dunia' baru bagi pengguna untuk bersosialisasi dengan pengguna lainnya, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Horizon akan menjadi sebuah aplikasi VR di mana pengguna dapat bergaul, mengobrol, dan bermain game satu sama lain. Para penghuni dunia Horizon ini dapat menjelajah ruang-ruang virtual menggunakan avatar kartun miliknya.

Keberadaan Horizon pertama kali diungkap dalam konferensi developer Facebook Oculus Connect 6 yang digelar baru-baru ini. Kabarnya, Horizon akan mulai diuji coba pada 2020 mendatang, itu pun terbatas hanya pada sejumlah pengguna saja.

Facebook mengatakan, para pengguna Horizon yang pertama kali mencoba game ini, akan diberikan panduan khusus untuk membantu agar bisa lebih mengenal dunia virtual dari Horizon.

Panduan tersebut akan bertindak sebagai 'polisi' yang akan memoderasi setiap perilaku pengguna di dunia virtual.

Facebook menambahkan bahwa para pemain dapat membangun permainan dan lingkungan miliknya sendiri. Mereka juga bisa merancang avatar yang akan digunakan untuk berinteraksi dalam game ini.

Meski berbentuk VR, game ini memiliki desain dan nuansa yang identik dengan kartun, mirip dengan grafis pada game The Sims. Pasalnya game ini dirancang untuk digunakan pada perangkat Oculus Quest yang memiliki kemampuan grafis tidak tinggi.

Horizon juga memiliki gameplay yang mirip dengan game The Sims, di mana pengguna akan bermain dengan sudut pandang orang pertama. Pemain akan ditempatkan dalam sebuah kota yang kemudian dapat dibangun sendiri sesuai dengan keinginan.

Dengan diciptakannya Horizon, Facebook dikabarkan akan segera menutup dua aplikasi berbasis VR lainnya, yakni Facebook Spaces dan Oculus Rooms. Keduanya dikabarkan akan ditutup pada 25 Oktober mendatang.

[ikh]

Komentar

x