Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 18:11 WIB

Google Resmi Hadirkan Versi Ringan Android 10

Jumat, 27 September 2019 | 08:30 WIB
Google Resmi Hadirkan Versi Ringan Android 10
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Tak lama setelah resmi meluncurkan Android 10, kini Google memperkenalkan versi ringannya yang diberi nama Android 10 Go.

Sebagaimana Android Go sebelumnya, sistem operasi Android 10 Go diperuntukkan bagi perangkat smartphone ramah kantong berspesifikasi rendah. Rata-rata, smartphone yang menjalankan Android Go hanya memiliki kapasitas RAM 1GB.

Untuk versi terbaru ini, Google akan fokus pada kecepatan untuk pengoperasian perangkat. Google mengklaim Android Go terbarunya 10 persen lebih ngebut dibanding versi ringan Android sebelumnya.

Selain itu, Android 10 Go juga akan membuat konsumsi memori untuk aplikasi jadi lebih efisien. Google turut meningkatkan sektor keamanan data dengan mengusung sistem enkripsi Adiantum.

Sistem tersebut diklaim bisa melindungi data tanpa mempengaruhi performa smartphone atau membutuhkan hardware lainnya.

Dengan Adiantum, Google ingin meyakinkan pengguna smartphone di segmen entry-level bahwa data mereka tetap aman tersimpan di dalam smartphone.

Android 10 Go juga memiliki fitur untuk membaca teks berbasis kecerdasan buatan (AI). AI digunakan pula untuk mengatur galeri foto di perangkat, baik secara online maupun offline.

Kemudian ada Google Lens yang bisa memindai gambar atau teks dengan kamera untuk melakukan pencarian di Google Search.

Beberapa aplikasi berembel-embel 'Go' lain juga akan terpasang, seperti YouTube Go, Files Go, atau Gmail Go.

Mengutip Engadget, Android 10 Go baru akan tersedia menjelang akhir tahun ini. Belum diketahui smartphone apa yang akan menjalankan sistem operasi mobil versi ringan ini untuk pertama kali. [ikh]

Komentar

x