Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 00:23 WIB

Tira, Zebra Polkadot Langka di Kenya

Senin, 23 September 2019 | 05:00 WIB
Tira, Zebra Polkadot Langka di Kenya
(foto: Frank Liu)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada yang unik dengan zebra yang satu ini. Umumnya zebra memiliki motif garis hitam putih pada tubuhnya, tapi zebra kecil ini punya tubuh berwarna gelap dengan motif polkadot putih.

Hal ini terlihat dari hasil foto yang dijepret oleh fotografer bernama Frank Liu. Awalnya pria asal Hong Hong yang dikenal sebagai fotografer alam liar ini berniat 'berburu' badak di cagar alam Maasai Mara National Reserve, Kenya.

Alih-alih mendapatkan badak sebagai target bidikan kameranya, Liu justru menemukan hal unik berupa seekor anak zebra yang memiliki tubuh yang tidak biasa, yakni berwarna gelap dengan motif polkadot putih. Tak ayal, zebra unik yang diberi nama Tira itu menjadi target jepretan kamera sang fotografer.

Saat foto-foto Tira beredar luas, tak sedikit ilmuwan yang memberikan tanggapannya. Salah satunya adalah Ren Larison, seorang ahli biologi dari University of California, Los Angeles, AS, yang memang mempelajari evolusi motif garis zebra.

Larison menyebut jika Tira memiliki kondisi yang disebut pseudomelanisme alias mutasi genetik langka di mana hewan menampilkan semacam kelainan dalam pola garis mereka.

Sel khusus yang disebut melanosit menghasilkan melanin, pigmen yang menentukan warna sel bulu dan kulit pada mamalia. Namun, ada berbagai mutasi yang dapat mengganggu proses terbentuknya melanin. Dalam kasus Tira, menurut dia, melanin justru tidak berkembang menjadi motif garis-garis.

Sayangnya, zebra dengan warna tak biasa ini bisa jadi tak bertahan lama di alam liar.

"Predator sulit memangsa binatang yang berada dalam kawanan, tapi akan lebih mudah jika spesies tersebut berbeda. Hanya sedikit yang bisa mencapai usia dewasa," ujarnya, seperti dilansir National Geographic.

Selain itu, menurut Larison, Tira juga akan menghadapi tantangan lain. Selama ini, teori mengemukakan kalau garis zebra melindungi dari gigitan lalat. Maka dengan motif tubuh Tira yang berbeda, maka ia tidak akan bisa menghindari lalat-lalat, yang kadang membawa penyakit berbahaya bagi zebra. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x