Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 00:11 WIB

Vivo Z1 Pro vs Realme 5 Pro, Mana yang Lebih Baik?

Oleh : Ibnu Naufal | Minggu, 22 September 2019 | 07:07 WIB
Vivo Z1 Pro vs Realme 5 Pro, Mana yang Lebih Baik?
Vivo Z1 Pro vs Realme 5 Pro - (Foto: Inilahcom/Ibnu NF)
facebook twitter

DI antara banyaknya smartphone gaming yang mulai bermunculan, beberapa vendor smartphone juga meluncurkan di kelas segmen menengah yang diklaim cocok untuk bermain game yang ditenagai oleh chipset Snapdragon seri 700.

Dua di antaranya adalah Vivo Z1 Pro dan Realme 5 Pro yang sudah INILAHCOM lakukan uji review sebelumnya. Keduanya menawarkan kinerja mumpuni yang cocok untuk digunakan bermain game.

Sebelum Anda bingung, ada baiknya membaca ulasan perbandingan mengenai dua smartphone tersebut. Mulai dari desain, spesifikasi, kamera, hingga harga dari kedua smartphone tersebut.

Desain

Harus diakui, ukuran layar yang dimiliki oleh Vivo Z1 Pro dengan Realme 5 Pro memang punya kesamaan.

Vivo Z1 Pro punya layar berukuran 6,3 inci, adapun Realme 5 Pro juga memiliki ukuran layar 6,3 inci. Kedua masih mengusung teknologi layar yang sama, yakni IPS LCD dengan resolusi FullHD+.

Untuk letak perbedaan hanya posisi kamera depan Vivo Z1 Pro berada di pojok kiri dalam bentuk lubang dan Realme 5 Pro di bagian tengah dengan tersemat di dalam poni.

Sama-sama memiliki aspek rasio kekinian, yakni 19,5:9, layar Realme 5 Pro lebih diunggulkan dengan diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3+, sementara Vivo Z1 Pro tidak memiliki perlindungan.

Berbicara desain belakangnya, keduanya sama-sama memiliki pemindai sidik jari konvensional yang ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Realme 5 Pro punya desain akhir yang terlihat lebih ciamik dengan efek kilauan. Sementara, Vivo Z1 Pro masih menggunakan efek gradasi.

Performa

Untuk urusan chipset, menariknya Vivo Z1 Pro dan Realme 5 Pro sama-sama dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 712 yang menawarkan peningkatan kinerja hingga 10 persen, pengisian daya lebih cepat, dan dukungan audio yang lebih komplit.

Meskipun sama-sama memiliki dukungan chipset yang bertenaga, kedua perangkat tersebut ditawarkan dengan harga yang rsedikit berbeda. Vivo Z1 Pro dibanderol dengan Rp3,1 juta sementara Realme 5 Pro dibanderol mulai Rp3 juta.

Perbedaan harga ini cukup wajar, mengingat keduanya memiliki perbedaan lain, seperti desain, kamera, kapasitas memori penyimpanan, baterai hingga beberapa fitur.

Ditambah lagi Realme 5 Pro sudah membawa quad-camera, sehingga memiliki fungsional yang lebih baik. Sementara itu, Vivo Z1 Pro masih menggunakan desain tiga kamera belakang.

Keduanya juga memiliki dukungan memori internal yang berbeda. Meskipun sama-sama memiliki RAM 4GB (dengan opsi 8GB), Realme 5 Pro memiliki memori internal 128GB sementara Vivo Z1 Pro memiliki memori 64GB.

Tak kalah penting untuk anda tahu adalah dukungan baterai yang disematkan. Realme 5 Pro punya baterai berkapasitas 4035mAh yang sudah dibekali fitur fast charging 20W VOOC flash charge 3.0. Sementara, Vivo Z1 Pro punya baterai 5000mAh dengan dukungan Dual Engine Fast Charging 18W Quick Charge.

Kamera

Kamera Realme 5 Pro dan Vivo Z1 Pro pun sangat jauh berbeda. Di kamera belakangnya, Realme 5 Pro menggunakan empat kamera, yang terdiri dari kamera utama 48MP ( f/1.8) wide depth, 8MP (f/2.2) ultrawide, MP (f/2.4) macro, dan 2MP (f/2.4) depth, sedangkan Vivo Z1 Pro memiliki tiga kamera 16MP (f/1.78, wide 8 MP (f/2.2), depth 2MP (f/2.4).

Pada kamera depannya, Realme 5 Pro memiliki kamera 16MP (f/2.0), sementara Vivo Z1 Pro yang menggunakan punch hole memiliki kamera 32MP (f/2.0).

Berikut hasil perbandingan kamera keduanya:

- Night Mode Vivo Z1 Pro

- Nightscape Realme 5 Pro

- Wide Angle Vivo Z1 Pro

- Ultra Wide Realme 5 Pro

- Makro Vivo Z1 Pro

- Makro Realme 5 Pro

- Auto

- Kamera depan

Vivo Z1 Pro:

IMG-20190921-155853 IMG-20190921-155608

Realme 5 Pro:

IMG20190921155909

IMG20190921155333

Saat dijajal seperti hasil foto di atas, keduanya sama-sama mampu menangkap foto-foto dengan terang dan cemerlang meski keseluruhan area berada di dalam ruangan, dengan cahaya artifisial berupa lampu.

Meski demikian, kedua ponsel ini tetap mampu mengabadikan warna-warna dengan apik. Kamera kedua ini juga memiliki lensa ultra-wide dengan cakupan bidang pandang 120 derajat yang berguna untuk menangkap obyek berukuran lebar, atau memotret close-up dari jarak dekat.

Perspektif yang dihasilkan terbilang menarik karena terlihat lebih lebar dari jepretan smartphone pada umumnya.

Namun yang membedakan di sini, Realme 5 Pro terlihat menakjubkan dan warna lebih hidup meski berbagai situasi apapun walau dalam kondisi rendah cahaya sekalipun, meski di beberapa kondisi jika cahaya cukup, Vivo Z1 Pro masih terlihat alami.

Harga

Sempat disinggung di atas masuk ke segmen harga menengah di Indonesia Vivo Z1 Pro lebih dulu hadir tersedia dengan dua warna Sonic Black dan Sonic Blue dengan harga Rp3,1 juta yang pertama kali rilis tersedia dengan varian RAM 4GB + ROM 64GB dan kini ditambah dengan RAM 6GB + ROM128GB harga Rp3,8 juta.

Dilanjutkan dengan Realme 5 Pro hadir di Indonesia tersedia dalam dua pilihan warna Crystal Green dan Sparkling Blue, juga dalam dua varian RAM dan ROM, yakni varian 4GB + 128GB dan 8GB + 128GB masing-masing dibanderol Rp3 juta dan Rp3,7 juta.

Kesimpulan

Secara keseluruhan INILAHCOM menilai meskipun memiliki spesifikasi kurang lebih sama, seperti chipset dan layarnya.

Menurut kami, Realme 5 Pro lebih cocok untuk gaming daripada Vivo Z1 Pro, apalagi perangkat ini sudah mendukung sensor giroskop dan USB Type-C serta faktor harga yang lebih bersahabat juga menjadi salah satu faktor penting Realme 5 Pro untuk lebih direkomendasikan. [ikh]

Komentar

x