Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 00:25 WIB

Review Produk

Realme 5 : Baterai Besar, Performa Menjanjikan

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 20 September 2019 | 09:09 WIB
Realme 5 : Baterai Besar, Performa Menjanjikan
(inilahcom)
facebook twitter

REALME memang luar biasa. Sebagai vendor ponsel pendatang paling baru, untuk saat ini benar-benar berhasil membuktikan dirinya sebagai game changer alias penantang. Buktinya dalam waktu kurang lebih setahun Realme kini telah bertengger di posisi lima di pangsa pasar Tanah Air berdasarkan laporan riset canalys.

Setelah meluncurkan kurang lebih dari selusin smartphone di Indonesia mulai dari Rp1 hutaan hingga Rp3 jutaan dalam kurun setahun. Sebagian besar ponsel tersebut telah mendapatkan pujian tinggi yang tanpanya perusahaan tidak akan melihat jenis popularitas yang paling didambakan oleh merek pemula dalam rentang waktu yang singkat.

Tahun ini, realme terlihat lebih agresif dari biasanya, menelurkan kembali ponsel di segmen menengahnya. Setelah realme 3 dan realme 3 Pro awal tahun ini, perusahaan telah melahirkan kembali penerusnya dengan realme 5 dan realme 5 Pro.

Mengapa realme meluncurkan realme 5 dan realme 5 Pro kurang dari empat bulan setelah seri realme 3?Jawabannya mungkin sederhana. Ia ingin menjadi salah satu merek pertama yang meluncurkan ponsel empat kamera paling terjangkau. Dan itulah yang disoroti oleh kedua ponsel tersebut. Namun dalam ciri realme yang khas, bukan hanya itu yang mereka banggakan.

Dibandingkan dengan realme 3, realme 5 mengalami sejumlah peningkatan luar maupun dalam. Ia mendapat desain kristal menawan, lebih banyak fitur kamera, baterai lebih bongsor, dan chipset Snapdragon baru. Ada beberapa peningkatan penting di sini, tetapi jelas ini adalah ponsel dengan fitur melimpah. Sebagai penerus realme 3, realme 5 yang mengusung tagline 'Quad Camera PowerHero' ini menjadi senjata andalan di kuartal tiga tahun 2019 dengan meningkatkan kinerja dan desain secara komprehensif,

Penasaran kan seperti apa produk ini? Yuk simak review realme 5 selengkapnya berikut ini.

Desain dan Bodi

Desain tampaknya selalu menjadi prioritas bagi realme. Ini sesuai fokus mereka untuk menyediakan smartphone yang memiliki kinerja cepat dan desain stylish untuk anak muda dengan harga yang terjangkau. Dalam hal ini, pendekatan yang dilakukan pada realme 5 adalah mengadopsi desain bodi 3D dengan warna gradasi.

Realme sedikit memperbarui bahasa desainnya dengan realme 5. Jika digenggam tangan dari posisi depan depan dengan dimensi 164,4 x 75,6 x 9,3 dan berat 184 g realme 5 terlihat bongsor dan tebal. Ponsel ini masih menggunakan bodi polikarbonat dibagian punggung plastik yang dilaminasi, tetapi dengan kesan lebih tinggi dari realme 3 dan menampilkan layar yang lebih besar.

Panel belakang plastik glossy hadir dalam desain Crystal baru dengan pola potongan berlian yang terlihat berbeda dibandingkan dengan apa yang telah kita lihat pada model realme sebelumnya.

Desain pola berlian di bagian belakang telah diperbarui ke pola yang lebih kristalin, yang terlihat rapi dan membantu ponsel menonjol. Hasil akhir Crystal Purple yang kami uji terlihat kalem, tetapi jika Anda mencari lebih mencolok, pilihan Crystal Blue akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Beralih ke garis samping bodi yang nyaris tak terlihat membuat keseluruhan bodi ponsel terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis. Karena tidak ada pemisah yang dihasilkan dari penggunaan bahan yang berbeda, ponsel ini menawarkan sentuhan halus dan nyaman saat digenggam.

Jika terlalu sayang dengan body ponsel dan tidak ingin tergores, telah disediakan softcase transparan pada paket pembeliannya. Namun jika diberi softcase, unsur cantiknya jadi berkurang. Jadi, mau pilih tampil keren atau aman? Terserah Anda sebagai penggunanya.

Beberapa port pada realme 5 termasuk jack headphone 3.5mm, port microUSB dan grill speaker tunggal. realme 5 juga dilengkapi dengan slot tiga kartu yang dapat menampung dua kartu SIM nano dan kartu microSD (mendukung hingga 256GB).

Sebelum melanjutkan tulisan di bawah mari disimak video unboxing untuk melihat paket penjualan yang disediakan.

Layar

Realme 5 sangat nyaman digunakan sebagai daily driver penunjang pekerjaan sehari-hari. Salah satu faktornya adalah layarnya yang lega terasa memberikan jarak pandang yang lebih leluasa. realme 5 memiliki layar kekinian Dewdrop yang sudah dikenal seperti yang terlihat pada ponsel realme sebelumnya, hanya saja kali ini perusahaan menyebutnya 'Desain Mini-drop'. Ini karena notch tetesan air ternyata lebih kecil 30 persen dan lebih rata.

Realme 5 menampilkan layar HD + 6,5 inci (720x1600) yang menjadikannya lebih besar dibandingkan dengan realme 3, yang menawarkan layar 6,2 inci, tetapi itu juga membuatnya lebih mudah untuk melihat pixelations pada realme 5. Dengan dan resolusi HD +, Warna pada layar terlihat dalam dan menarik dan tingkat kecerahannya cukup bagus.

Saat digunakan diluar ruangan layar ponsel ini menawarkan keterbacaan sinar matahari yang sangat baik dan ukurannya membuatnya bagus untuk konsumsi media.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan nyaman, seperti untuk melakukan aktivitas seperti browsing artikel online, menonton film, bermain game maupun editing beberapa file dokumen.

Realme juga memperhatikan aspek keamanan pada layarnya, dibekali oleh pelindung Gorilla Glass 3+, realme 5 jadi lebih aman terhadap goresan yang tidak diinginkan. Level goresan normal tidak akan berpengaruh signifikan terhadap layar realme 5 ini.

Performa dan uji baterai

Realme 5 memiliki spesifikasi yang cukup tangguh di kelasnya. Smartphone ini ditopang Snapdragon 665 AIE yang memiliki delapan inti, arsitektur 64-bit dan frekuensi dasar hingga 2.0GHz dengan tiga opsi RAM dan ROM, yakni RAM 3GB/ROM 32GB, RAM 4GB/ROM 64GB, dan RAM 4GB/ROM 128GB.

Unit yang INILAHCOM uji sendiri adalah versi RAM 3GB/ROM 32GB. Saat pengujian umumnya penulis memiliki pengalaman yang baik menggunakan realme 5 setiap hari.

Kami terbiasa dengan ketebalan dan berat ponsel ini setelah beberapa hari, meskipun kami merasa berat dan penggunaan satu tangan terus menjadi tantangan.

Benchmark AnTuTu kami mendapat angka 139075. Di PCMark, kami mendapat skor 7.719 poin, sedangkan tes grafis T-Rex di GFXbench berhasil 50fps. Dibandingkan dengan Helio P70 di realme 3.

Secara umum, untuk penggunaan sehari-hari kinerja ponsel tergolong lancar. Walaupun tidak bisa dibilang cepat. Karena untuk memproses sesuatu misalnya foto, terkadang masih butuh waktu. Kendati demikian, masih dalam batas yang bisa ditoleransi.

Untuk sesi gaming penulis tidak mengalami adanya panas berlebih, bahkan saat bermain game yang lumayan berat. Dalam Asphalt 9: Legends, kami melihat ada lag minor ketika sesi balapan akan dimulai, tetapi setelahnya permainan berjalan normal.

Untuk sesi PUBG Mobile meski secara default sistem memaksa ke pengaturan Rendah 'tetapi permainan berjalan dengan baik bahkan setelah pengaturan grafis ke modeSeimbang.' bodi belakang realme 5 memang sedikit hangat, tetapi tidak pernah benar-benar menjadi panas, bahkan setelah sesi gaming selama 30 menit bermain PUBG.

Untuk baterainya, realme 5 meningkatkan kapasitasnya secara signifikan dibanding realme 3 yakni 5000 mAh. Dengan aktivitas sehari-hari yang berat, Anda dapat mengharapkan baterai realme 5 dengan mudah bertahan melampaui satu hari penggunaan rutin.

Saat diuji ponsel ini memiliki baterai 5.000 mAh, yang berlangsung selama 20 jam dan 2 menit dalam pengujian PCmark, yang berarti sangat baik. Selama peninjauan kami, dengan penggunaan ringan hingga sedang, kami dapat mengelola hampir dua hari penggunaan per pengisian daya.

Meski ponsel ini tidak mendukung pengisian cepat, untuk mengisi daya realme 5 dari nol hingga 100 persen menggunakan pengisi daya 10W yang di dapatkan dibutuhkan sekitar dua setengah jam hal ini masih dalam batas toleransi mengingat kapasitas baterai yang besar dan harganya yang relatif terjangkau.

Kamera

Kamera sudah menjadi fitur utama pada ponsel. Biasanya, kita tidak terlalu berharap banyak untuk kualitas kamera pada ponsel kelas menengah harga Rp2 jutaan. Karena sudah bisa ditebak seperti apa kualitasnya. Namun realme 5 ini berbeda. Seperti apa? Yuk mari kita kupas lebih dalam.

Realme 5 membuat terobosan dengan memperkenalkan sistem AI quad-kamera pertama di segmen harganya, membuat pengguna dapat merasakan foto beserta pengalaman berbagai fungsi yang baru seperti pemotretan ultra wide angle, ultra Makro dan lensa portrait.

Dengan mengunggulkan kamera belakang dengan empat kamera yang memiliki konfigurasi 12MP f / 1.8, kamera sudut ultra wide 8MP, lensa makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP.

Kamera ini juga mendukung Nightscape, Chroma Boost, HDR dan PDAF.Sedangkan untuk yang doyan selfie, terdapat kamera depan 13MP dengan lensa 5P, aperture f/2.0 dan ukuran sensor 1/3 inci.

Seperti beberapa kamera ponsel terbaru, realme 5 juga dilengkapi dengan AI Scenes Recognition yang bisa mendeteksi objek pemandangan dan memberikan pengaturan optimal. Serta AI Beauty pada kamera depan untuk mempercantik wajah. Ponsel ini juga mendukung perekaman video hingga resolusi 4K.

Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 240fps dan 720P.

Berikut hasil jepretan dengan realme 5:

Normal

Chromaboost

Nightscape

IMG20190920051922 IMG20190920052132 IMG20190920052232

Kamera Depan:

Bokeh

Normal AI

Kesimpulan

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pengalaman baru dengan brand realme, ini sudah saatnya seri realme 5 ini layak untuk Anda jadikan pilihan. Dengan banderol Rp 2 jutaan, ponsel ini terasa sangat value for money untuk di kelasnya.

Komentar

x