Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 00:21 WIB

Review Produk

Realme 5 Pro: Makin Lengkap dengan Empat Kamera

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 19 September 2019 | 14:30 WIB
Realme 5 Pro: Makin Lengkap dengan Empat Kamera
(inilahcom/ibnu naufal)
facebook twitter

RESMI hadir di Indonesia, Realme 5 Pro merupakan upgrade dari smartphone versi sebelumnya, Realme 3 Pro, yang meluncur pada Mei lalu. Mengusung nama 'Pro', smartphone ini memiliki spesifikasi hardware yang jauh lebih baik dari versi Realme 5 bahkan dibandingkan produk dengan rentang harga yang sama.

Dengan tagline 'Quad Camera SpeedMaster', Realme 5 Pro membawa empat kamera utama sekaligus, chipset Snapdragon seri 700 dari Qualcomm, dan ditawarkan dengan harga mulai Rp3 jutaan.

Bagaimana kemampuannya? Berikut review dari INILAHCOM.

Desain lebih segar

Hanya rentang empat bulan dihadirkan dari generasi sebelumnya, desain Realme 5 Pro sesungguhnya tidak terlihat jauh berbeda dengan Realme 3 Pro dari posisi depan.

Smartphone ini memiliki layar LCD FHD + 6,3 inci dengan potongan tetesan air atau disebut dewdrop --sama seperti pendahulunya-- dan sedikit dagu di bagian bawah layar yang relatif ramping. Panel di sini dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 3.

Bagian belakang Realme 5 Pro jauh lebih menarik. Masih menggunakan balutan dengan bingkai polikarbonat tebal yang dilapisi dengan lapisan glossy.

Penggunaan polikarbonat tidak berarti Realme 5 Pro terlihat murah. Smartphone ini memiliki desain yang sangat menyenangkan dan fungsional.

Realme memang sangat mengutamakan desaian dalam hal ini karena target pasarnya adalah anak muda.

Tersedia dalam warna Sparkling Blue dan Crystal Green, smartphone ini mengacu pada desain multicolor nanometer holographic.

Keduanya terlihat menarik, tetapi favorit pribadi kami adalah warna Crystal Green, sesuai yang kami dapatkan untuk diuji, karena tampak lebih segar dan menarik.

Dilihat dari berbagai sisi bentuk segitiga yang tidak rata menyilaukan di bawah cahaya, menawarkan tampilan gradien yang unik dan elegan, menambah kesan percaya diri penggunanya.

Realme juga memiliki cincin kekuningan kecil yang menguraikan kamera 48MP utama.

Rel logam kokoh Realme 5 Pro juga telah dicat dengan sentuhan akhir gradien biru dan hijau agar sesuai dengan warna di bagian belakang, menunjukkan betapa kontribusi pemikiran para desainer perusahaan dalam hal ini.

Dari sisi dimensi, Realme 5 Pro mudah digengam di telapak tangan, atau bahkan dimasukan kedalam saku celana hal ini berkat ketebalannya yang hanya 8,9 milimeter dan bobot 182 gram.

Panel bodi belakang melengkung mengecil ke arah tepi dan menyatu mulus dengan bingkai, membuatnya lebih ergonomis. Ini juga memudahkan pengguna menggunakan smartphone hanya dengan satu tangan.

Pemindai sidik jari dipasang di belakang dan tombol-tombol ditempatkan pada tempat yang nyaman pula. Slot kartu microSD khusus tersedia bersama dengan jack headphone 3,5mm standar.

Port USB Type-C tersedia di bagian bawah perangkat yang dibekali fitur kecepatan pengisian cepat dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 khas OPPO, yang merupakan perusahaan induk Realme.

Sebelum kita lanjutkan review Realme 5 Pro, mari ditonton terlebih dahulu video unboxing-nya di bawah ini:

Layar dan sistem operasi

Realme 5 Pro mendapatkan layar dewdrop seperti model sebelumnya. Ini adalah layar LCD IPS 6,3 inci Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dengan rasio layar 90,6 persen, kecerahan 450 nits, dan perlindungan Gorilla Glass 3.

Tampilannya sangat mirip dengan apa yang ditawarkan Realme 3 Pro dalam hal ukuran dan kualitas.

Layar Realme 5 Pro menawarkan warna-warna cerah dan resolusi 1080p terlihat tajam untuk membaca teks atau menonton konten video.

Tingkat kecerahan bukan yang terbaik, dan pada kecerahan sedang di dalam ruangan, tampilan tampak lebih tajam dibandingkan Realme 3 Pro.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming HD. Secara keseluruhan, panel terlihat hebat dan tidak akan memberi Anda banyak alasan untuk mengeluh.

Tak cuma layarnya yang nyaman dimata, secara keseluruhan tampilan Realme 5 Pro juga terbilang user friendly.

Dengan sistem antarmuka ColorOS 6.0, pengguna Realme 5 Pro dapat memperoleh informasi lebih efisien saat menggunakannya.

Kombinasi warna pada sistem antarmuka ini juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas visual keseluruhan ke tingkat yang lebih menarik.

Performa meningkat

Jika Realme 3 Pro ditenagai oleh Snapdragon 710, maka Realme 5 Pro mendapat peningkatan chipset Snapdragon 712 AIE yang sedikit lebih cepat.

Ini adalah prosesor octa-core 2.3GHz yang didasarkan pada proses 10nm. Otak pemrosesan ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 616 untuk pengalaman bermain game yang lancar.

Realme 5 Pro hadir dalam pilihan RAM 4GB, 6GB, dan 8GB, serta dilengkapi opsi memori internal (ROM) 64GB dan 128GB, yang masih dapat diperluas melalui kartu microSD.

Unit yang INILAHCOM terima untuk ditinjau adalah varian RAM 8GB/ROM 128GB. Ketika datang ke penggunaan sehari-hari seperti olahpesan, penjelajahan media sosial, melakukan panggilan dan menjelajah web sesekali, Realme 5 Pro dapat berjalan dengan lancar tanpa lag.

Dalam penggunaan yang sudah INILAHCOM uji sebelumnya, pengalaman di Realme 5 Pro sebanding dengan Realme 3 Pro dan Realme X.

Aplikasi terbuka dengan cepat dan bergeser antar UI dengan mulus juga.

Berikut kami sertakan juga hasil uji benchmark beberapa aplikasi pilihan seperti AnTuTu, Geekbench, dan 3Dmark.

Berjalan pada GPU Adreno 616 yang sama yang juga ditemukan pada Snapdragon 710, serta adanya fitur Hyperboost 2.0, Realme 5 Pro mampu melahap game-game yang intensif grafis berat seperti PUBG dan AOV dengan mudah.

Sesi bermain PUBG selama 30 menit pada grafik sedang berjalan dengan lancar tanpa lag.

Bahkan pada grafik tinggi, gameplay terasa sangat halus hanya dengan sesekali penurunan framerate. Dengan pembuangan panas yang lebih baik ini juga dapat mempertahankan operasional yang nyaman selama bermain game.

Speaker tunggal di bagian bawah terdengar cukup keras untuk di dalam ruangan dan kejernihannya tidak menjadi masalah. Kualitas suara keseluruhan lebih transparan, seimbang dan alami, sementara secara signifikan meningkatkan volume tanpa distorsi karena kelebihan beban, dan membuat bass lebih kuat serta lebih dalam.

Kualitas panggilan juga baik dengan tingkat volume yang layak dan konektivitas yang baik. Sensor sidik jari yang dipasang di belakang cepat dan andal seperti halnya face unlock.

Keandalan empat kamera

Daya tarik utama dari smartphone anyar ini adalah fitur empat kamera. Realme 5 Pro adalah yang pertama di segmen ini yang menawarkan sistem empat kamera 48MP.
Kamera utama menggunakan sensor IMX586 Sony 48MP, yang disertai dengan lensa ultra wide angle-119 8MP, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.

Ini adalah pengaturan kamera serbaguna yang akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah beralih antara kamera utama beresolusi tinggi ke lensa ultra wide-angle ke lensa makro jarak dekat tergantung pada perspektif yang Anda cari.

Kamera utama 48MP dapat menangkap beberapa foto yang sangat bagus di siang hari. Ini memotret dalam 12MP secara default dan menggunakan pixel binning untuk menyatukan empat foto untuk menawarkan satu foto yang cerah dan detail.

Ada mode ultra 48MP juga untuk mengambil foto, tetapi ini hanya layak digunakan di siang hari bolong. Dan jika Anda ingin menangkap detail subjek yang jauh dan juga untuk membuat editing atau crop lebih mudah, Anda bisa lihat video unboxing di atas untuk melihat hasil dari ultra 48MP dan ultra makro.

Untuk kebutuhan video call dan selfie dipercayakan dengan kamera 16MP f/2.0. Hasilnya memberikan jepretan yang cukup alami, meski sangat tergantung pada fitur AI sehingga terkadang menghilangkan detail.

Berikut hasil gambar yang ditangkap dengan kamera Realme 5 Pro:

- Tanpa Chromaboost


- Menggunakan Chromaboost

- Nightscape

- Auto

- Normal

- Wide Angle

- Kamera Depan

Catatan fitur kamera

Mode Nightscape yang kini dimiliki Realme 5 Pro telah ditingkatkan dengan meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup ekstrem, sehingga mampu meningkatkan penggunaan kamera pada kondisi kurang cahaya.

Mode ini juga lebih baik dalam mengontrol kinerja eksposur bagian yang disorot untuk menyajikan detail lebih baik.

Selain dapat menerangkan bagian yang redup untuk menampilkan detail lebih baik, secara efektif mode Nightscape juga bisa menjaga noise untuk membuat foto lebih bersih.

Untuk memenuhi permintaan pengguna akan efek gambar, warna, dan gaya yang lebih baik, Realme 5 Pro membawa mode Chrome Boost yang ditingkatkan.

Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto mampu dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan dynamic range yang lebih besar, dengan detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang bisa dibandingkan dalam jepretan kamera di atas.

Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik.

- Hasil video slow motion

Realme 5 Pro juga mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS).

Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 960fps dan 720p, memperlambat visual Anda untuk menemukan keindahan dalam kehidupan.

Realme 5 Pro mendukung pengeditan video, yang dapat menambah dan menyesuaikan kecepatan video, filter, teks, efek soundtrack, dll.

Anda juga dapat membuat video yang diedit melalui fungsi tema, yang bagus untuk dibagikan di jejaring sosial.

Baterai

Baterai tidak terlalu banyak berubah dari Realme 3 Pro, tapi ini bukan hal yang buruk. Kapasitas 4035mAh cukup baik untuk penggunaan sehari penuh sehari-hari. Pada hari penggunaan yang ringan, perangkat dapat dengan mudah bertahan sekitar satu setengah hari.

Selama periode pengujian, kami mengakhiri dengan sekitar 30 persen daya tahan baterai setelah beberapa jam streaming video di Netflix, streaming musik di Spotify, beberapa sesi bermain PUBG, dan sesekali menjelajah media sosial.

Dengan dukungan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0, Realme 5 Pro dapat mengisi daya dari nol hingga 100 persen dalam waktu sekitar 80 menit menggunakan pengisi daya 20W yang disertakan dengan paket penjualan

Kesimpulan

Realme 5 Pro pada dasarnya adalah smartphone paket lengkap dengan peningkatan yang kami sukai sebelumnya ada di Realme 3 Pro.

Hadir dengan desain yang menarik, prosesor Snapdragon 712 AIE yang cepat dan mulus serta masa pakai baterai yang dapat diandalkan sepanjang hari dengan teknologi pengisi daya cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Semua keandalan ini membuat Realme 5 Pro mudah direkomendasikan dan jadi pilihan terbaik di rentang harga Rp3 jutaan.

Jika ditanya haruskah Anda meng-uprade dari Realme 3 Pro? Itu tergantung pada seberapa banyak Anda suka memotret di smartphone Anda.

Realme 3 Pro adalah ponsel kamera yang hebat, tetapi penawaran Realme 5 Pro menawarkan fleksibilitas lebih lengkap.

Memiliki daya pikat empat kamera yang berbeda tidak diragukan lagi menawarkan fleksibilitas dan kebebasan tertentu dalam cara Anda mengambil foto. [ikh]

Komentar

x