Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 00:30 WIB

Google Photos Punya Fitur Baru, Bisa Cetak Foto

Rabu, 18 September 2019 | 10:00 WIB
Google Photos Punya Fitur Baru, Bisa Cetak Foto
(CNET)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Aplikasi Google Photos mendapatkan fitur baru yakni 'Memories'. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan foto kenangan yang diambil di hari yang sama setahun, dua tahun, tiga tahun, atau tahun-tahun sebelumnya.

Kurang lebih cara kerjanya mirip dengan fitur 'Kenangan' di Instagram atau Snapchat. Tampilannya pun serupa dengan Instagram Stories di mana foto masa lalu muncul di atas layar dengan bingkai lingkaran.

Google menggunakan machine learning untuk memilah foto kenangan. Untuk melihat foto berikutnya geser ke kanan seperti saat hendak melihat Instagram Story teman.

Menggeser ke arah kiri akan mengarahkan ke foto sebelumnya. Apabila ingin melihat semua foto di hari tersebut, klik titik tiga di pojok kanan atas.

Fitur ini sudah mulai bergulir di Android dan iOS. Kemungkinan, penyebarannya akan bertahap.

Mengutip CNET, foto kenangan ini hanya akan bisa dilihat oleh pengguna saja. Mereka bisa membagikannya di media sosial atau mencetaknya.

Dalam beberapa bulan ke depan Google kabarnya akan membuat Google Photos menjadi aplikasi pesan instan. Sehingga, foto kenangan ini akan bisa dibagikan ke kerabat dekat dan membuahkan percakapan yang intens.

Jika benar demikian, Google tampaknya masih belum menyerah untuk membuat aplikasi chatting. Sebelumnya, aplikasi pesan instan Google seperti Allo, Google Chat, dan Hangsout telah 'tutup usia' karena sepi peminat.

Ada fitur yang menjadi pembeda antara Google Photos dan media sosial lain saat ini termasuk Instagram dan Snapchat. Google menambahkan fitur khusus untuk memudahkan pengguna mencetak foto kenangan atau foto apapun yang tersimpan di Google Photos.

Pengguna bisa langsung memesan ukuran foto yang ingin dicetak langsung melalui aplikasi.

Ada tiga opsi cetak foto yang tersedia yakni 8x8 inci dengan harga yang dipatok Google sebesar US$19,99, 11x14 inci seharga US$29,99, dan 16x20 inci seharga US$44,99.

Google bekerja sama dengan CVS Pharmacy dan Walmart di AS untuk menyediakan jasa cetak foto ini. Jadi pengguna yang telah memesan foto untuk dicetak bisa langsung mengambilnya di sana.

Untuk mencetak foto via aplikasi, pilih foto yang ingin dicetak, kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lantas pilih 'order photo'.

Menurut aplikasi Google Photos, proses cetak ini akan memakan waktu 7 hingga 10 hari untuk pesanan reguler, dan apabila ingin dipercepat ada biaya tambahan yang akan dikenakan.

Pengguna juga bisa langsung datang ke Walmart atau CVS Pharmacy, namun ukuran yang tersedia hanyalah 4x6 inci saja. Keuntungannya, dengan datang langsung proses cetak jauh lebih cepat karena bisa dibawa pulang di hari yang sama.

Pengguna yang memesan cetak foto via aplikasi akan menerima e-mail untuk mengambil foto apabila hasilnya siap diambil. Harga cetak foto di Walmart dan CVS Pharmacy pun bisa naik karena pajak. Walmart akan menarik 25 persen lagi dan CVS Pharmacy 33 persen.

Mereka pun menggunakan jenis printer dan kertas yang berbeda. CVS menggunakan kerta Kodak Moment yang lebih glossy dan memiliki saturasi warna foto lebih tinggi. Sementara Walmart menggunakan kertas Fujifilm yang berkilau di dalam warna matte.

Jasa cetak foto ini akan dimulai pada 30 September mendatang. Masih belum diketahui apakah fitur cetak foto ini akan berlaku di luar AS atau tidak. [ikh]

Komentar

x