Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 16:17 WIB

Ini Kiat untuk Pesan Hotel via Aplikasi

Minggu, 15 September 2019 | 17:17 WIB
Ini Kiat untuk Pesan Hotel via Aplikasi
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Liburan akhir tahun merupakan salah satu dari dua liburan besar di Indonesia. Pada bulan Desember hingga Januari, terdapat libur sekolah maupun libur akhir semester yang cukup panjang bagi pelajar.

Sementara itu, para pegawai pun mendapatkan jatah libur dari tanggal merah Hari Natal dan Tahun Baru. Momentum yang pas ini membuat liburan akhir tahun semakin ditunggu-tunggu untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, karena banyaknya orang yang memutuskan untuk berlibur, pencarian hotel di akhir tahun memang membutuhkan persiapan lebih. Pada liburan Natal dan Tahun Baru 2018, tingkat okupansi hotel naik sebanyak 10% dari rata-rata bulanan, yaitu mencapai 65%.

Angka ini mengalami peningkatan dari rata-rata okupansi nasional yang berkisar antara 55%. Terlebih di kota-kota wisata populer seperti Bali, Bandung, Sumatra Utara, Makassar, dan Belitung, tingkat okupansi hotel bisa menembus angka 90% bahkan menyentuh 100%.

Dengan tingginya kemajuan teknologi di masa kini, setiap wisatawan bisa dengan mudah memesan berbagai jenis akomodasi melalui agen perjalanan online seperti Traveloka. Ketersediaan informasi yang lengkap di internet juga menjadi sumber pertimbangan yang memudahkan wisatawan untuk memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun begitu, masih ada beberapa tantangan yang biasa dihadapi wisatawan ketika memesan hotel di akhir tahun. Berikut ini beberapa tantangan umum yang dihadapi, beserta tips buat menghadapinya:

1. Sulit menemukan pilihan akomodasi dengan kapasitas yang sesuai

Berbeda dari liburan biasa, momen akhir tahun biasanya digunakan untuk berlibur dalam jumlah yang lebih banyak, misalnya bersama keluarga atau teman-teman. Namun, dari sekian banyak jenis akomodasi di Indonesia, hotel dengan kamar kapasitas dua orang merupakan jenis yang paling umum ditemui. Selain memakan biaya yang lebih besar, ada kemungkinan hotel tidak bisa mengakomodasi keramaian waktu berkumpul ataupun aktivitas komunal ketika berlibur.

Untuk mengatasi tantangan ini, Traveloka menghadirkan pilihan lebih lengkap bagi wisatawan yang bepergian dalam grup/rombongan. Tanpa perlu mengorbankan kenyamanan, kini wisatawan bisa memilih tipe akomodasi berupa villa atau apartemen, yang dapat menampung lebih banyak tamu dan mempunyai fasilitas yang lebih lengkap.

Tipe akomodasi ini biasanya lebih luas dan lebih cocok digunakan untuk liburan beramai-ramai, karena terasa seperti tinggal di rumah. Wisatawan pun lebih bebas untuk beraktivitas seru, seperti bermain bersama hingga larut malam, atau memasak hidangan favorit keluarga.

2. Harga yang melonjak di peak season

Faktor harga merupakan salah satu tantangan besar ketika memesan hotel untuk liburan akhir tahun. Karena permintaan yang melejit, otomatis harga hotel untuk bulan Desember-Januari pun mengalami kenaikan. Banyak wisatawan yang kesulitan memesan hotel sesuai kemauan awal karena harga yang terlanjur tinggi.

Untuk mengantisipasi hal ini, Traveloka menganjurkan wisatawan untuk memesan hotel dari jauh-jauh hari agar bisa mengamankan harga terbaik. Tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya di muka, karena Traveloka menyediakan fitur pembayaran langsung di hotel (Pay at Hotel). Opsi ini memungkinkan wisatawan untuk menabung dan menyiapkan biaya sebelum perjalanan. Selain itu, jika ada perubahan rencana, wisatawan juga bisa memanfaatkan fitur Free Cancellation dan Refund yang tersedia pada aplikasi.

3. Pemilihan lokasi hotel strategis

Baik ketika berlibur di Indonesia maupun di luar negeri, pemilihan lokasi hotel adalah hal penting untuk menjamin liburan akhir tahun berjalan dengan lancar. Di Indonesia, perayaan akhir tahun biasanya disertai dengan penutupan jalan, pawai, hingga festival kembang api. Jalan-jalan besar di berbagai tempat wisata biasanya mengalami kemacetan. Sementara itu, di luar negeri, perayaan akhir tahun yang ramai juga akan menghambat akses transportasi, terlebih jika wisatawan bepergian di pergantian hari (tengah malam).

Untuk menghindari kemacetan atau kesulitan mencapai tempat perayaan tahun baru, ada baiknya wisatawan memilih hotel dengan lokasi yang strategis. Hotel yang terletak di pusat kota, dekat dari atraksi wisata, ataupun dekat dengan akses transportasi publik, pasti akan memberikan kemudahan ketika berlibur. Wisatawan bisa mencari hotel paling strategis dengan memanfaatkan fitur peta yang ada di aplikasi Traveloka.

4. Kehabisan hotel ketika sudah sampai di tujuan

Dengan tingkat okupansi yang mencapai 90-100%, tidak sedikit wisatawan yang harus kecewa karena kehabisan kamar di liburan akhir tahun. Menurut data dari Google, orang Indonesia memang sering mencari hotel secara last minute atau di saat-saat terakhir mendekati liburan. Sebanyak 24% pemesanan hotel dilakukan sehari sebelum kedatangan atau bahkan di hari-H. Fenomena ini banyak terjadi untuk pemesanan hotel domestik dan angkanya meningkat hingga 32% pada puncak musim liburan di pertengahan atau akhir tahun.
Untuk membantu wisatawan yang belum mendapatkan hotel, Traveloka memiliki fitur "Hotel near Me". Fitur ini akan menampilkan semua pilihan kamar yang masih available, dengan jarak terdekat dari lokasi wisatawan. Jika tidak sempat melakukan transfer atau membayar dengan kartu kredit, Traveloka juga menyediakan metode bayar di hotel, sehingga mengurangi kerepotan wisatawan.

Liburan akhir tahun memang momen yang pantas untuk dinantikan. Walaupun ada beberapa tantangan dalam mencari hotel yang tepat di akhir tahun, namun teknologi dan berbagai fitur Traveloka akan membantu wisatawan untuk mendapatkan liburan terbaik.

Traveloka selalu berinovasi untuk memberikan pengalaman tanpa hambatan, entah itu dengan menyediakan akomodasi villa untuk rombongan, metode bayar hotel langsung, sampai pembatalan pesanan tanpa dikenakan biaya.

Komentar

x