Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:57 WIB

Mozilla Umumkan Layanan VPN Gratis

Jumat, 13 September 2019 | 13:00 WIB
Mozilla Umumkan Layanan VPN Gratis
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Mozilla mengumumkan layanan Virtual Private Network (VPN) gratis bernama Firefox Private Network. Layanan VPN ini diklaim lebih aman dan akan melindungi penelusuran web dengan enkripsi.

Mengutip The Verge, Firefox Private Network berbasis browser Firefox, artinya aktivitas yang 'dilindungi' VPN hanya yang diakses melalui browser itu saja. Pengguna bisa memanfaatkanya ketika mengakses Firefox dengan koneksi WiFi publik atau saat tidak ingin dikuntit pelacak iklan.

Saat ini, Firefox Private Network masih dalam versi beta. Layanan ini sudah bisa dicoba, namun masih terbatas untuk pengguna Firefox di AS saja. Untuk bisa memakainya, pengguna harus terlebih dahulu log in ke akun Firefox.

Firefox Private Network bisa diunduh melalui laman resminya. Setelah terpasang, akan muncul ikon kecil di toolbar yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan VPN.

Kecepatan unduh menjadi berkurang 17 Mbps ketika VPN diaktifkan. VPN akan mengubah alamat IP pengguna sehingga bisa menyembunyikannya dari pihak ketiga yang ingin melacak aktivitas pengguna.

Akan tetapi, alamat IP hanya dipindah ke wilayah yang dekat dengan alamat aslinya. Sehingga, iklan lokal masih berpeluang menyusup.

Apabila ingin melakukan browsing dengan alamat yang jauh atau beda negara, pengguna disarankan mengunakan layanan VPN lainnya.

Mozilla mengatakan, Firefox Private Network ini akan gratis untuk waktu tertentu saja. Dengan demikian, kemungkinan besar mereka akan menarik biaya untuk menggunakan layanan ini ke depannya.

Sepertinya Mozilla memang ingin serius dengan bisnis layanan VPN. Baru-baru ini, CEO Mozilla Chris Beard mengatakan ingin menawarkan layanan langganan berbayar untuk fitur 'premium' yang masih dirahasiakan pada Oktober nanti.

Salah satu fitur yang dimaksud mungkin saja layanan Firefox Private Network ini. [ikh]

Komentar

x