Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 22:59 WIB

Solusi ABB untuk Isi Baterai Mobil Listrik Lokal

Oleh : Taufiqqurakhman | Jumat, 6 September 2019 | 06:06 WIB
Solusi ABB untuk Isi Baterai Mobil Listrik Lokal
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perusahaan teknologi kelistrikan dan otomatisasi PT ABB Sakti Industri (ABB Indonesia) menyatakan dukungannya atas kebijakan pemerintah dalam percepatan program kendaraaan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Mereka sudah menghadirkan stasiun pengisian daya listrik untuk kendaraan yang kini sudah terpasang di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Serpong, Tangerang, Banten.

"Kami sudah mengoperasikan produk EV Charging sebesar 20 KW di kantor BPPT di Serpong. Selanjutnya kami akan menyiapkan solusi pengisian baterai kendaraan listrik untuk wilayah pusat Jakarta," ungkap Dodon Ramlie, Direktur ABB Indonesia, di sela-sela gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Sebelumnya, Pemerintah telah merilis Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) dan Transportasi Jalan pada 12 Agustus lalu.

Dengan Perpres tersebut, Pemerintah akan mendorong berbagai kalangan, khususnya produsen otomotif, untuk mengembangkan kendaraan berbasis listrik.

Sejumlah investor diketahui sudah mulai menunjukkan minatnya dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto setidaknya telah mengantongi dua nama pabrikan otomotif yang berencana menanamkan investasinya di dalam negeri, yakni Hyundai dan Toyota.

Diperkirakan nilai investasi kedua perusahaan tersebut di sektor kendaraan listrik di Indonesia mencapai Rp5 triliun untuk jangka waktu lima tahun.

"Dengan populasi yang semakin besar dan kebutuhan masyarakat terhadap lingkungan yang bersih, listrik adalah solusi terbaik dan terbukti efisien. Dengan pengalaman ABB, kami juga akan terus melakukan inovasi agar distribusi dan transmisi listrik dapat menjangkau berbagai wilayah di Indonesia," pungkas Dodon.

Komentar

x