Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:48 WIB

Samsung Patenkan Tiga Desain Galaxy Fold 2

Senin, 2 September 2019 | 14:40 WIB
Samsung Patenkan Tiga Desain Galaxy Fold 2
(LetsGoDigital)
facebook twitter

INILAHCOM, Amsterdam - Meski smartphone layar lipat Galaxy Fold generasi pertama hingga kini masih belum rilis ke publik, namun Samsung tampaknya sudah menyiapkan penerus dari perangkat tersebut.

Hal ini diketahui dari paten desain yang baru-baru ini diajukan oleh Samsung ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO). Di dalamnya ada rancangan tiga perangkat yang disinyalir merupakan Galaxy Fold 2.

Mengutip LetsGoDigital, ketiga desain ini tampak serupa dari depan saat layar dibentangkan sehingga perangkat memiliki display lebar layaknya tablet. Perbedaannya adalah posisi notch atau poni di sisi kiri, tengah, dan kanan.

Baca juga: Galaxy Fold Rilis Sebelum Peluncuran iPhone 11?
Baca juga: Samsung Pastikan Galaxy Fold Meluncur September

Perbedaan yang lebih jelas terlihat saat perangkat dilipat. Desain pertama dilipat secara vertikal. Di bagian punggung ada layar kedua berbentuk persegi berikut tiga kamera.

Desain kedua dilipat secara horizontal seperti menutup buku. Di punggungnya juga terdapat layar kedua, tapi bentuknya lebih memajang karena bagian yang terlipat juga berbentuk persegi panjang. Ada juga tiga buah kamera.

Rancangan ketiga hampir mirip dengan rancangan kedua. Perbedaannya hanya dari letak poni di layar utama yang berukuran besar.

Tentu, ketiga rancangan Samsung ini baru sebatas pengajuan paten dan bukan merupakan desain akhir. Pengajuan hak patennya bisa dibilang menjadi langkah antisipasi agar desain tersebut tidak ditiru atau diduplikasi oleh vendor lain.

Dengan demikian tidak tertutup kemungkinan Samsung justru menggunakan desain lain yang berbeda dengan paten yang diajukan.

Beberapa waktu lalu, Samsung juga diketahui telah mengajukan desain smartphone layar lipat lainnya yang disebut-sebut sebagai Galaxy Fold Z.

Baca juga: Samsung Siapkan Smartphone Layar Lipat Berikutnya

Dari bocoran yang beredar, Galaxy Fold Z bakal memiliki ukuran layar yang lebih luas, sehingga jumlah lipatannya pun lebih banyak ketimbang Galaxy Fold.

Sesuai dengan namanya, layar Galaxy Fold Z dapat dilipat dua kali sehingga seolah membentuk huruf 'Z'. Nantinya, pengguna akan memiliki sebuah smartphone, tablet, hingga PC mini dalam satu perangkat sekaligus. [ikh]

Komentar

x