Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 16:49 WIB

Airbag Baru Honda Mirip Sarung Tangan Bisbol

Jumat, 30 Agustus 2019 | 06:00 WIB
Airbag Baru Honda Mirip Sarung Tangan Bisbol
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Ohio - Honda kabarnya tengah mengembangan teknologi airbag baru. Nantinya, airbag ini diklaim akan memiliki kemampuan yang lebih dalam melindungi penumpang dari tabrakan depan ketimbang airbag yang ada sekarang ini.

Pengembangan airbag ini dilakukan oleh para insinyur dari Honda R&D Americas Inc di Ohio, AS, bekerja sama dengan produsen airbag Autoliv.

President Honda R&D Americas Inc, Jim Keller, menyebutkan airbag ini sudah bisa digunakan di mobil-mobil terbaru Honda tahun depan.

Menurut dia, teknologi airbag ini merupakan upaya berkelanjutan Honda dalam meningkatkan kinerja keselamatan dalam berbagai skenario kecelakaan yang lebih luas.

"Berdasarkan komitmen keselamatan bagi semuanya, para insinyur Honda menyadari bahwa pekerjaan mereka kali ini adalah sebuah terobosan baru. Di masa depan akan memberikan efek yang signifikan bagi banyak nyawa," kata Keller.

Dia menjelaskan, airbag yang sedang dikembangkan ini dapat meminimalkan gaya lateral kepala penumpang, dan mengurangi kemungkinan cedera serius jika kepala berputar dengan keras atau meluncur dari airbag.

Tidak seperti airbag konvensional dengan kompartemen tiup tunggal, sistem baru ini menggunakan beberapa komponen.

Pertama, tiga kompartemen untuk melambungkan kantong (satu ruang tengah dan dua yang samping) dengan panel membentang di antara dua ruang samping.

Ini berfungsi seperti sarung tangan penangkap bisbol. Airbag menangkap dan memperlambat benturan kepala sambil menarik bilik samping ke dalam untuk mengamankan kepala dari benturan keras.

Airbag memang salah satu komponen keamanan yang sangat terasa manfaatnya ketika kecelakaan terjadi.

Bahkan beberapa merek mengembangkan airbag di berbagai sisi, mulai dari langit-langit seperti yang dikembangkan Hyundai, atau ZF yang memproduksi airbag di luar. [ikh]

Komentar

x