Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:00 WIB

Besok, Toyota Fun/Code Siap Kunjungi Yogyakarta

Rabu, 28 Agustus 2019 | 00:00 WIB
Besok, Toyota Fun/Code Siap Kunjungi Yogyakarta
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Toyota-Astra Motor (TAM) siap memulai rangkaian kegiatan Toyota Fun/Code dengan Yogyakarta sebagai kota destinasi pertama pada Kamis besok (29/8/2019).

Ajang kompetisi pemrograman digital ini digelar sebagai upaya kontribusi TAM dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia Indonesia, khususnya untuk menghadapi tantangan industri 4.0.

"Setelah launching pada pertengahan Agustus lalu, aktivitas resmi Toyota Fun/Code akan dimulai pada Kamis pekan ini di Kota Yogyakarta. Roadshow dan workshop yang digelar di Kota Pelajar ini kami harapkan mampu menjaring para IT Developer andal dalam menghadirkan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas sesuai dengan tujuan diselenggarakannya Toyota Fun/Code," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Baca juga: TAM Gelar Toyota Fun/Code di 3 Kota di Indonesia

Sejalan dengan tema Fun, Futuristic, Informative dan tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan Toyota Fun/Code, dalam roadshow dan workshop yang diadakan di Hotel Tjokro Yogyakarta ini, TAM akan memberikan penekanan kepada para peserta mengenai pentingnya memahami Minimum Viable Product (MVP).

MVP merupakan prototipe sebuah aplikasi sebelum siap diluncurkan ke pasar. Sebagai sebuah produk aplikasi awal, MVP harus memiliki fitur yang cukup untuk memuaskan para pelanggan penggunanya, termasuk dalam memberikan umpan balik untuk pengembangan produk di masa depan.

Oleh karena itu, pada kegiatan workshop Toyota Fun/Code yang menghadirkan para profesional dan expert di bidang IT, yaitu Guritno Adi Saputro (CTO PrivyID) dan Irving Hutagalung (Senior Cloud Architect Microsoft), para peserta akan mendapatkan short course mengenai elemen-elemen yang perlu diperhatikan sebagai karakteristik MVP, strategi implementasi MVP, problem-solution, menguji MVP (trial and error) agar bisa diterima pasar, serta transformasi digital sebagai bentuk dari transformasi bisnis.

"Tujuan akhir dari pembuatan MVP ini adalah menghasilkan aplikasi yang dicintai oleh penggunanya sehingga mampu mendatangkan nilai bisnis. Kami berharap, workshop yang diadakan dalam rangka kompetisi Toyota Fun/Code ini bisa menjadi modal pengetahuan dalam membuat model aplikasi yang lengkap dan bisa diterima masyarakat sejalan dengan tema Fun, Futuristic dan Informative," ujar Anton.

Selain Yogyakarta, kegiatan roadshow dan workshop sebelum puncak acara Hackaton Day sekaligus pengumuman resmi pemenang Toyota Fun/Code, juga akan diselenggarakan di Bandung dan Jakarta.

Yogyakarta terpilih sebagai salah satu kota tempat penyelenggaraan roadshow dan workshop karena dikenal sebagai kota yang berhasil dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia, salah satunya karena adanya dukungan IT melalui berbagai aplikasi menarik.

Selain itu, banyaknya universitas dan perguruan tinggi yang ada di kota ini sehingga Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Pelajar, diyakini sangat mendukung kehadiran para web designer maupun content creator yang handal.

Pemerintah Kota Yogyakarta juga tengah mewujudkan kota ini sebagai sebuah kota pintar (Jogja Smart City) dan Yogyakarta juga diketahui merupakan provinsi dengan tingkat penetrasi internet tertinggi kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

"Berbagai kelebihan yang dimiliki Yogyakarta ini sejalan dengan upaya Toyota menghadirkan Toyota Fun/Code untuk menghadirkan para web designer handal untuk menghasilkan berbagai aplikasi tepat guna, tidak terkecuali aplikasi di bidang otomotif," ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

Melalui Toyota Fun/Code, peserta ditantang mengeksplorasi kreativitas mereka untuk membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

Untuk merancang aplikasi, peserta dapat memilih salah satu sub tema yang ditetapkan Toyota yaitu Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain & Trade-in serta Disability.

Untuk menjadi IT Developers andal, peserta akan diuji keahliannya di bidang programmer, graphic designers, interface designers, project manager. Para peserta kompetisi ditantang untuk mengerahkan potensinya di berbagai bidang agar aplikasi yang mereka bangun bisa selesai sesuai dengan harapan.

"Melalui berbagai sub tema dalam kegiatan Toyota Fun/Code ini, diharapkan akan lahir aplikasi unggulan yang menjadi inovasi bisnis otomotif dan juga akan lahir para start-up untuk menginspirasi generasi muda lainnya dalam menghadapi tantangan era industri 4.0," ucap kata Soerjopranoto.

"Untuk itu, kami mengajak para IT Developer di daerah Yogyakarta dan sekitarnya dapat ikut serta di acara roadshow Toyota Fun/Code ini," pungkasnya.

Komentar

x