Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:01 WIB

Intip Spesifikasi Mobil Dinas Baru Presiden RI

Senin, 26 Agustus 2019 | 10:10 WIB
Intip Spesifikasi Mobil Dinas Baru Presiden RI
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah menetapkan Mercedes-Benz S600 Guard terbaru sebagai mobil dinas kepresidenan. Mobil ini akan menggantikan mobil dinas sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, yang sudah mengaspal sejak era Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekretariat Negara RI.

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presiden dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Baca juga: Sedan Hybrid Ini Jadi Mobil Dinas Barunya Menteri

Mercedes-Benz S600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Sebab mobil yang ada saat ini merupakan tahun pembuatan 2008 dan 2009.

"Mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis, perlu dilakukan penggantian," tulis rilis itu lagi.

Seperti apa spesifikasi dan kecanggihan mobil dinas kepresidenan terbaru itu?

Mercedes-Benz S600 Guard merupakan sedan mewah bermesin 12 silinder yang menawarkan perlindungan terhadap ancaman, sehingga mobil dengan wheelbase panjang lebih dari tiga meter itu kerap digunakan sebagai kendaraan dinas petinggi negara hingga pimpinan puncak sebuah perusahaan besar.

Mercedes-Benz S600 Guard diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, menawarkan ketahanan dari berbagai ancaman fisik melalui kekuatan cangkang baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

Dikutip dari laman resmi induk perusahaan Mercedes-Benz, Daimler, Mercedes-Benz S600 Guard tidak hanya tahan terhadap proyektil balistik berstandar militer, tapi mobil berukuran panjang 5,4 meter itu dapat melindungi penumpangnya dari serangan granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Daimler menyatakan bahwa Mercedes-Benz S600 Guard memang dirancang dengan tingkat ketahanan B6/B7 (tingkat resistensi Eropa), dan telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi yang diakui berbagai negara.

Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S600 Guard disebut sebagai kendaraan aman adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing yang anti bocor dan sistem pemadam api.

Sebagai kendaraan untuk pesohor dan petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Guard menawarkan dimensi besar, panjang 5.453mm x tinggi 1.498mm x lebar 2.130mm, dengan jarak sumbu roda 3.365mm.

Kendaraan ini juga memiliki sasis yang dikonfigurasikan untuk mengutamakan kenyamanan sehingga penumpang tetap menikmati perjalanan kendati mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Mercedes-Benz S600 Guard memakai mesin bensin 5.500cc DOHC Direct Injection dengan tenaga maksimal 530bhp pada 4.900-5.300rpm dan torsi maksimal 830Nm pada 1.900-4.000rpm.

Fitur keselamatan menjadi hal utama dengan hadirnya brake assist plus dan rem pre-safe yang dikombinasikan dengan DISTRONIC PLUS yang digabungkan dengan LED Intelligent Light System, Adaptive High Beam Assist Plus, Exhaust System With Two Chrome-Plated Twin Tailpipes, dan 48,3 cm (19 inch) Multi-Twin Spoke Light Alloy Wheel.

Komentar

x