Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 22:01 WIB

Samsung Siap Luncurkan Layar QD-OLED Pertama

Kamis, 22 Agustus 2019 | 16:17 WIB
Samsung Siap Luncurkan Layar QD-OLED Pertama
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Samsung dilaporkan mulai membatasi lini produksi panel LCD di pabriknya di Korea Selatan, akibat penurunan keuntungan dan permintaan. Langkah ini juga memungkinkan Samsung mengalokasikan lebih banyak sumber daya kepada layar Quantum Dot (QD)-OLED.

Mengutip The Korea Herald, CEO Samsung Display Lee Dong-hoon mengonfirmasi bahwa perusahaannya akan segera siap untuk meluncurkan panel QD-OLED pertamanya, namun enggan memberikan informasi lebih detil terkait waktu peluncuran atau produk yang akan dibekali oleh teknologi ini.

Layar QD umumnya merupakan perpaduan antara panel LCD konvesional dan OLED. Panel ini tidak menggunakan backlight LED namun LED biru yang dapat bercahaya secara individual dan dapat mengubah cahaya menjadi merah dan biru sehingga mengonsumsi lebih sedikit daya dalam prosesnya.

Panel QD-OLED akan menggunakan piksel biru OLED dan titik quantum yang dimiliki LED untuk dapat menyuguhkan efisiensi dan akurasi warna lebih baik.

Menurut analis industri, Samsung berencana menginvestasikan hingga sebanyak 10 triliun won atau sekitar Rp118,2 triliun pada produksi QD-OLED dan produk pertamanya yaitu TV high-end.

Komentar

x