Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 22:01 WIB

Kesan Pertama Mencoba Ponsel 4 Kamera 64MP Realme

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 20 Agustus 2019 | 15:15 WIB
Kesan Pertama Mencoba Ponsel 4 Kamera 64MP Realme
(inilahcom/Ibnu Naufal)
facebook twitter

REALME baru saja memperkenalkan smartphone empat kamera atau quad camera 64MP yang akan segera meluncur di Indonesia. Dalam sesi 'Camera Innovation Event', Realme mengajak sejumlah jurnalis teknologi, termasuk INILAHCOM, untuk menjajal perangkat yang belum punya nama resmi tersebut.

Karena perangkat ini masih prototipe, maka semua unit yang dihadirkan ditutupi dengan case khusus untuk menyembunyikan desain mereka sehingga yang para jurnalis dapatkan hanyalah beberapa info terbatas pada pengaturan kamera.

Jadi untuk saat ini, INILAHCOM hanya akan membahas kemampuan kamera belakangnya saja.

Satu fakta menarik, Realme mengusung sistem empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera 64MP bersensor Samsung ISOCELL Bright GW1 sebagai sensor utama yang digabungkan dengan modul lensa ultrawide, super makro, dan bokeh.

Pengaturan Realme 64MP quad camera

Unit 64MP memiliki sensor tipe 1/1,72" dan ukuran piksel 0,8m yang sebenarnya adalah 16MP dan dapat menghasilkan gambar berkualitas 64MP dengan teknologi pixel binning yang menggabungkan empat pixel menjadi satu yang dinamakan 'super pixel'.

Penggabungan empat pixel ini, menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dan diklaim efektif empat kali lebih besar karena mampu menangkap cahaya yang besar dan juga mengurangi noise.

Realme telah memasang grafik MTF pada layar dan membandingkan smartphone 64MP dengan Redmi K20 Pro 48MP, menunjukkan bagaimana perangkatnya menghasilkan lebih banyak gambar detail dibanding Redmi K20 Pro.

Kamera ultrawide

Modul lensa ultrawide memiliki aperture f/2.2, FOV 119 derajat, dan mengambil gambar dalam resolusi 8MP.

Ini juga telah mendukung modus HDR. Anda dapat melihat gambar-gambar di bawah ini yang menunjukkan foto-foto untuk melihat seberapa jauh dan luas dalam bingkai perangkat ini mengambil tangkapan gambar.

Whats-App-Image-2019-08-20-at-09-57-11

Kamera Ultra makro

Kamera makro dalam pengaturan kamera quad ini memiliki aperture f/2.4 dan piksel 1,75m yang besar.

Perangkat ini bisa mengambil sedekat 4 cm. Untuk menjajalnya realme telah menyediakan lego miniatur yang terdiri dari benda-benda kecil seperti rumput, pohon, orang, dan kendaraan untuk kita jajal menggunakan lensa ultra makro ini.

Whats-App-Image-2019-08-20-at-09-57-26

Lensa bokeh

Lensa bokeh mendukung lima gaya potret baru dan delapan mode kecantikan wajah yang disempurnakan.

Pada acara tersebut, realme mengatakan bahwa sistem kamera quad-nya akan mencakup lensa tele 2x juga, sehingga kita bisa melihat lensa potret diganti dengan lensa tele.

UI aplikasi kamera dan fitur lainnya

UI aplikasi kamera mirip dengan apa yang telah kita lihat di ponsel realme lainnya seperti Realme X - untuk beralih mode antara Video, Foto, dan Potret di atas tombol rana kamera, dengan ikon menu di sebelah kiri memungkinkan Anda mengakses berbagai mode seperti Ultra 64MP, Ultra makro, Nightscape, dan Pakar.

Kapan smartphone quad camera 64MP ini diluncurkan?

Pihak Realme Indonesia mengatakan ponsel dengan empat kamera ini akan segera datang ke Indonesia dan dijanjikan hadir sebelum akhir tahun 2019.

Nantinya, perangkat ini akan masuk ke lini Realme Series, Pro Series, dan X Series di Tanah Air.

Komentar

x