Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 21:56 WIB

Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?

Oleh : Taufiqqurakhman | Selasa, 20 Agustus 2019 | 03:03 WIB
Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Industri agen perjalanan online di lokal memang masih tergolong baru. Jadi tidak heran kalau industrinya sendirinya masih belum tergarap dengan baik.

Eriyofilta Firamdhani, pendiri/ CEO dari Dolano, mengatakan kalau industri agen perjalanan online dengan offline masih timpang.

"Industri agen perjalanan offline di lokal masih jauh mendominasi, ketimbang industri agen perjalanan online," ujar Eriyo, di Jakarta, Senin sore (19/8/2019).

Pendiri Dolano tersebut mengatakan market share di industri agen perjalanan online sekira 75%, masih dikuasai oleh industri agen perjalanan offline. "Sisanya, 25%, dipegang oleh industri agen perjalanan online," terangnya.

"Lalu dari marketshare 25% tersebut dibagi lagi jadi: Traveloka 12%, Tiket.com 6%, dan gabungan para pemain online lainnya 7%," imbuh CEO Dolano tersebut.

Eriyofilta juga menjelaskan kalau beberapa masalah di industri kepariwisataan (online) saat ini adalah: ketersediaan informasi, infrastruktur dan kemudahan untuk mengaksesnya, serta pembagian ekonomi kepariwisataan.

"Industri agen perjalanan online lokal memiliki sejumlah celah, yakni lingkungan (ekonomi) yang tidak berkelanjutan, komunitas (ekonomi) yang tidak dikembangkan, dan perhitungan dana liburan pengguna yang tidak bisa diprediksi," tambah Eriyofilta.

"Dari celah-celah tersebutlah Dolano coba masuk dan mencoba cari keuntungan," timpalnya.

CEO Dolano tersebut menjelaskan kalau Dolano adalah sebuah platform pariwisata, yang membedakannya dengan para pemain di industri agen perjalanan online lokal lainnya adalah layanan Dolano mampu menggapai hingga ke lapangan.

"Mulai dari informasi wisata, penyediaan tiket perjalanan, informasi agenda acara, informasi tempat makan, informasi tempat penjualan cinderamata, hingga ke penginapan dan pemandu wisatanya, secara online dan real-time," pungkasnya.

Komentar

x