Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 22:11 WIB

Penjelasan Sains untuk Bencana Chernobyl

Oleh : Taufiqqurakhman | Senin, 19 Agustus 2019 | 19:30 WIB
Penjelasan Sains untuk Bencana Chernobyl
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kasus Chernobyl adalah salah satu bencana reaktor nuklir terburuk sepanjang sejarah. Sebuah video terbaru di YouTube coba membahas kasus tersebut dari sisi sains.

Saluran Reactions di YouTube melalui video terbaru unggahannya coba membahas dan menjelaskan bencana Chernobyl dari sisi sains.

'Bencana Chernobyl', kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl, atau hanya 'Chernobyl', adalah kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah.

Pada tanggal 26 April 1986 pukul 01:23:40 pagi (UTC+3), reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak.

Akibatnya, isotop radioaktif dalam jumlah besar tersebar ke atmosfer di seluruh kawasan Uni Soviet bagian barat dan Eropa.

Bencana nuklir ini dianggap sebagai kecelakaan nuklir terburuk sepanjang sejarah, dan merupakan satu dari dua kecelakaan yang digolongkan dalam level 7 pada Skala Kejadian Nuklir Internasional (kecelakaan yang lainnya adalah Bencana nuklir Fukushima Daiichi).

Jumlah pekerja yang dilibatkan untuk menanggulangi bencana ini sekitar 500.000 orang, dan menghabiskan dana sebesar 18 miliar rubel dan mempengaruhi ekonomi Uni Soviet. Ribuan penduduk terpaksa diungsikan dari kota ini.

Tonton videonya di bawah ini.

Komentar

Embed Widget
x