Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 02:22 WIB

Apa Saja Tantangan Ekonomi Digital di Indonesia?

Oleh : Taufiqqurakhman | Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:00 WIB
Apa Saja Tantangan Ekonomi Digital di Indonesia?
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi digital dalam naungan Industri 4.0 di Indonesia, infrastruktur teknologi yang kuat itu mutlak adanya. Apa saja tantangannya?

"Tantangan utama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia itu adalah bagaimana caranya agar bisa mengurangi kesenjangan infrastruktur teknologi komunikasi dan informatika (TIK) di tiap wilayah," ujar Widjajanti Isdijoso, Direktur SMERU Research Institute di acara bincang media, Pertumbuhan Ekonomi Digital yang Berkualitas, di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

"80 persen dari 100 juta pengguna internet di Indonesia mayoritas hanya menggunakannya untuk media sosial saja. Sementara untuk bisnis dan transaksi online hanya 18 persen saja masyarakat yang menggunakannya," tambah Widjajanti.

"Oleh karena itu, kehadiran banyak startup digital tentu akan sangat membantu meningkatkan pemanfaatan internet untuk peningkatan ekonomi digital di lokal," pungkas Direktur SMERU Research Institute tersebut.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

SMERU adalah lembaga independen yang melakukan penelitian dan kajian untuk berbagai kebijakan publik. SMERU berdiri sejak tahun 2001.

Komentar

x