Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 02:31 WIB

Inilah Perangkat Pertama yang Pakai HarmonyOS

Selasa, 13 Agustus 2019 | 09:09 WIB
Inilah Perangkat Pertama yang Pakai HarmonyOS
(ist)

INILAHCOM, Beijing - Huawei telah resmi memperkenalkan HarmonyOS di ajang Huawei Developer Conference (HDF) 2019 yang digelar Jumat pekan lalu (9/8/2019). Awalnya, sistem operasi ini disiapkan sebagai pengganti Android di smartphone Huawei, jika boikot dilakukan oleh pemerintah AS.

Namun, ternyata HarmonyOS tak hanya dibuat untuk smartphone semata. Pasalnya, perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi anyar ini bukanlah smartphone, melainkan sebuah smart TV.

Mengutip XDA Developer, smart TV Honor Vision adalah perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi ini. Honor Vision menggunakan HarmonyOS yang telah disesuaikan dengan ukuran layar sebuah televisi.

Baca juga: Huawei Perkenalkan Harmony Alias Hongmeng

Smart TV besutan Huawei itu memiliki ukuran layar seluas 55 inci dengan resolusi 4K. Honor Vision memiliki rasio screen-to-body mencapai 94 persen sehingga layar terlihat luas dengan ukuran bezel yang tipis.

Layarnya juga telah mendukung 87 persen NTSC wide color gamut dan tingkat kecerahannya mencapai 400 nits. Perangkat itu pun sudah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland sebagai televisi dengan cahaya biru yang rendah.

Baca juga: Tentang HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Huawei

Sebagai sebuah smart TV, Honor Vision dibekali dengan chipset Hongjun 818, yang merupakan hasil kolaborasi antara Huawei dengan Baidu. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 28nm dan memiliki sebanyak delapan inti.

Dengan chipset ini, Honor Vision dapat memutar video berkualitas 4K pada 60 fps. Chipset ini juga mendukung pemrosesan gambar hingga 64 megapiksel, noise reduction, dan sejumlah fitur lainnya.

Sistem operasi HarmonyOS pada Honor Vision juga memiliki serangkaian fitur yang dapat menghubungkan smart TV ini dengan perangkat lain yang juga menggunakan sistem operasi yang sama.

Honor Vision dibanderol dengan harga 3.799 yuan atau sekitar Rp7,7 juta untuk model dengan penyimpanan 16GB, dan 4.799 yuan atau sekitar Rp9,7 juta untuk versi penyimpanan 32GB. Keduanya sama-sama dibekali dengan RAM 2GB.

Komentar

x