Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 02:22 WIB

OPPO Geser Apple di Pasar Smartphone Global

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 10:10 WIB
OPPO Geser Apple di Pasar Smartphone Global
(ist)

INILAHCOM, London - OPPO kini menggeser posisi Apple untuk menjadi vendor smartphone ketiga terbesar di dunia di bawah Samsung dan Huawei. Hal itu berdasarkan laporan pangsa pasar smartphone global kuartal kedua (Q2) tahun 2019 yang dirilis oleh firma riset pasar IHS Markit.

Dalam laporan tersebut, pangsa pasar Apple kini tercatat hanya berkisar 11 persen, serupa dengan OPPO yang duduk di atasnya. Meski demikian, jumlah unit smartphone yang dikapalkan oleh OPPO dicatat lebih banyak 900.000 unit dibandingkan dengan Apple.

Di atas OPPO, ada Huawei dengan pangsa pasar 18 persen dengan pengapalan 58,7 juta unit smartphone, dan Samsung yang masih merajai pasaran smartphone global dengan market share 23 persen, dan tercatat telah mengapalkan 75,1 juta unit smartphone.

Di sisi lain, ada Xiaomi, Vivo, LG, dan Motorola yang masing-masing memiliki pangsa pasar 10 persen, 9 persen, 3 persen, dan 3 persen.

Mengutip Business Insider, jika dilihat ke belakang, pangsa pasar Apple terus menunjukkan penurunan, meski naik 1 persen pada kuartal pertama (Q1) tahun ini.

Apabila dibandingkan dengan Q2 2019, pangsa pasar Apple sendiri turun 2 persen dari kuartal sebelumnya (Q1), serta turun 1 persen jika dibandingkan dengan Q2 2018.

Penurunan performa Apple ini, menurut para analis, disebabkan oleh pengguna iPhone yang tetap menggunakan perangkat lama mereka.

Harga iPhone yang mahal, serta maraknya program trade-in atau tukar tambah ponsel lama dengan ponsel baru, juga disebut berkontribusi pada minat pembeli. Hal itu kemudian berpengaruh pula pada penjualan iPhone seri terbaru.

Komentar

x