Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 02:20 WIB

iPad Masih Jadi Penguasa Pasar Perangkat Tablet

Kamis, 8 Agustus 2019 | 10:15 WIB
iPad Masih Jadi Penguasa Pasar Perangkat Tablet
(phonearena.com)

INILAHCOM, San Francisco - Lembaga riset pasar IDC merilis laporan terbaru mereka untuk kuartal kedua (Q2) 2019. Salah satu isi laporan itu adalah terkait penjualan perangkat tablet.

IDC mencatat iPad masih menjadi penguasa pasaran tablet dunia. Perangkat besutan Apple tersebut masih bercokol di urutan teratas dengan pangsa pasar 38,1 persen.

Di posisi kedua ada tablet bikinan Samsung dengan market share tak sampai setengah dari iPad, yakni 15,2 persen, diikuti Huawei dengan pangsa pasar 10,3 persen di urutan ketiga.

Menurut laporan IDC, secara keseluruhan ada sekitar 32,2 juta tablet yang dikapalkan ke pasar global pada Q2 2019. Dari jumlah ini, sebanyak 12,3 juta merupakan produk iPad.

Mengutip Phone Arena, angka pengiriman iPad tercatat naik 6,1 persen secara year-over-year, selagi hampir semua pemain lain justru turun, kecuali Amazon yang menunjukkan kenaikan 46,3 persen.

Jumlah tersebut dipicu oleh meningkatnya angka pengiriman iPad Air secara signifikan pada Maret lalu. Kehadiran seri iPad anyar itu juga turut mendongkrak penjualan aksesori lainnya, seperti smart keyboard yang dapat terhubung dengan tablet tersebut.

IDC juga memperkirakan bahwa kehadiran iPad dengan ukuran 10,2 inci yang menggantikan model 9,7 inci akan cukup membantu meningkatkan penjualan tablet Apple secara signifikan.

Berbeda dengan Apple, Samsung dan Huawei justru mengalami sedikit penurunan. Samsung di peringkat kedua berhasil mengapalkan 4,9 juta unit tablet di Q2 2019.

Jumlah itu turun sebanyak 100.000 unit dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jika dipersentasekan, Samsung mengalami penurunan angka pengiriman sebesar 3,1 persen di Q2 2019.

Meski demikian, pangsa pasar Samsung malah naik dari 14,9 persen di kuartal yang sama tahun sebelumnya menjadi 15,2 persen. Ini karena kondisi pasar tablet secara global mengalami penurunan yang lebih cepat.

IDC mencatat, sebagian besar pengiriman tablet Samsung berasal dari model Galaxy Tab A dan Tab E yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Sementara Huawei, tercatat mengirimkan 3,3 juta unit tablet untuk Q2 2019 dan meraup pangsa pasar sebesar 10,3 persen.

Angka ini turun dari tahun sebelumnya di mana pada periode yang sama di tahun lalu Huawei berhasil mengirimkan 3,5 juta unit tablet dan mendapat pangsa pasar 10,5 persen.

Kendati demikian, penurunan ini masih bisa dianggap sebagai hal yang positif mengingat beberapa waktu lalu Huawei menghadapi tekanan besar dari Pemerintah AS yang memasukkan namanya ke dalam daftar hitam perdagangan.

Komentar

x