Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 00:55 WIB

Solusi Cerdas Qlue untuk atasi Polusi di Jakarta

Rabu, 7 Agustus 2019 | 18:30 WIB
Solusi Cerdas Qlue untuk atasi Polusi di Jakarta
Pendiri dan CEO Qlue Rama Raditya - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu permasalahan yang masih menjadi sorotan di Jakarta adalah polusi udara. Pemanfaatan smart city dinilai menjadi cikal bakal solusi yang akan mampu membantu mengurangi polusi udara tersebut.

Pendiri dan CEO Qlue Rama Raditya menyebut smart city saat ini baru dapat dimanfaatkan sebatas untuk mengukur kadar polusi di udara. Sehingga penggiat teknologi, termasuk dirinya, perlu memikirkan cara lain untuk membantu mengurangi polusi secara lebih signifikan.

"Saya lagi cari idenya nih. Soalnya saya juga lagi capek lari, karena udara di jalan kotor banget. Sekarang sensor cuma untuk deteksi. Lagi kita pikirin gimana caranya polusi udaranya bisa kesedot ke atas, seperti pakai Exhaust. lagi pikirin gimana atau kesedot ke bawah tanah," ujar Rama saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Rama menyebut dirinya tengah mempertimbangkan sejumlah teknologi yang dinilainya mampu menjadi solusi jangka pendek, guna membantu memperbaiki kualitas udara Jakarta dalam waktu singkat.

Namun, dia enggan untuk membagikan informasi terkait ide yang tengah dipertimbangkannya tersebut, karena dinilai masih belum dapat dipastikan efektivitasnya.

Solusi terkait polusi udara, diakui Rama, menjadi hal yang juga akan difokuskan Qlue, sebab selaras dengan visinya untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

Baik pemerintah, masyarakat dan pihak terkait juga dinilai tetap perlu bersinergi dalam melakukan upaya perbaikan kualitas udara dalam jangka panjang termasuk menanam pohon.

Diketahui sebelumnya berdasarkan situs AirVisual, kualitas udara di Ibu Kota dinilai sangat buruk. Jakarta dengan Air Quality Index (AQI) sebesar 163 masuk kategori unhealthy. Artinya kualitas udara di Jakarta tidak sehat.

Komentar

Embed Widget
x