Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 02:23 WIB

Infografik

Vivo S1 vs Realme 3 Pro, Mana Lebih Unggul?

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 3 Agustus 2019 | 09:00 WIB
Vivo S1 vs Realme 3 Pro, Mana Lebih Unggul?
Vivo S1 vs Realme 3 Pro

MOBILITAS pasar smartphone melewati kuartal pertama 2019 begitu agresif. Bisa dilihat, di segmen harga Rp3 jutaan lebih dari lima ponsel anyar melantai di Indonesia, termasuk Vivo S1 dan realme 3 Pro.

Menyandang predikat sebagai pendatang baru di pasar ponsel Indonesia, baik Vivo S1 dan realme 3 Pro sama-sama menyasar kalangan millenial.

Namun, dengan segudang fitur diusung kedua ponsel ini, manakah yang lebih memikat?

Mari simak dulu komparasi Vivo S1 vs realme 3 Pro berikut ini:

Desain

Dari segi desain, keduanya sama-sama menawarkan tampilan layar dengen bezel yang cukup sempit. Keduanya tampil dengan waterdrop screen pada tepi atas panel sebagai letak kamera depan.

Vivo S1 memiliki di desain menggunakan teknik pelapisan nano ion untuk menghasilkan gradasi warna dengan efek pantulan cahaya, khususnya di bagian belakangnya.

Vivo S1 hadir dengan dua varian warna, cosmic green dan skyline blue yang terinspirasi warna langit

Sementara realme 3 Pro menggunakan secara kreatif mengadopsi colorway gradient miring yang mempertimbangkan efek cahaya.

Dengan dua warna gradasi yang tersedia, yakni Lightning Purple dan Nitro Blue, realme 3 Pro meninggalkan kesan indah bagi penggunanya.

Desain 3D memberikan tubuh realme 3 Pro menjadi lebih tipis dengan sentuhan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan ketahanan yang lebih baik. Selain itu, bahan 3D juga memberikan efek visual yang lebih indah.

Kamera

Kemudian di sektor fotografi, Vivo S1 menggunakan tiga kamera belakang yang mempunyai kombinasi 16MP + 8MP + 5MP dan kamera depan 32MP. Sementara realme 3 Pro mempunyai dua kamera belakang 16MP + 5MP dan kamera depan 25MP.

Kemampuan kamera utama di kedua smartphone juga telah dibekali dengan fitur bokeh yang membuat objek utama tetap tajam, sementara bagian latar belakang (background) buram. Fitur ini umumnya dikenal sebagai Mode Portrait.

Untuk Vivo S1 Kamera belakang dan depan dilengkapi dengan beberapa fitur seperti, Doc, Pro, Pano, AI Beauty, Photo, Video Fun Video dan AR Stiker.

Sementara kamera utama realme 3 Pro dilengkapi dengan mode auto, pano dan expert. Satu yang menjadi perbedaan di sini Vivo S1 tidak dilengkapi fitur pendukung foto low light atau modus di malam hari dimana terdapat pada di realme 3 pro yakni pada mode Nightscape yang mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Kamera depan realme 3 Pro juga tak kalah fitur, dengan membenamkan fitur potrait, pano dan time-lapse serta efek beauty yang bisa diatur tingkat ketegasannya bahkan bisa di non-aktifkan secara manual pada pengaturan.


Dapur Pacu

Di sisi lain, dari dapur pacu keduanya memiliki perbedaan pilihan ROM dan RAM. Realme 3 pro menawarkan tiga pilihan ROM dari 64GB + RAM 4GB, ROM 64GB + RAM 6GB, dan ROM 128GB + RAM 6GB.

Adapun Vivo S1 hanya menawarkan pilihan untuk ROM 128GB + RAM 4GB. Namun kapasitasnya bisa ditambah melalui SD card hingga 256GB.

Sebagai penunjang performa, Vivo S1 mengandalkan SoC bikinan MediaTek, P65 octa-core yang dibekali dengan teknologi AI.

Sementara realme 3 Pro percaya diri dengan SoC bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Daya baterai masing-masing smartphone menggunakan kapasitas 4500mAh dan 4045 mAh.

Fitur unggulan lain

Baik Vivo S1 dan realme 3 pro sama-sama dilengkapi dengan port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, port jack audio 3,5mm, Face Unlock, dan sistem operasi Android 9.0. Jika sensor fingerprint Vivo S1 berada di dalam layar, berbeda dengan realme 3 Pro yang diposisikan di bagian belakangnya.

Untuk teknologi daya keduanya juga sudah mendukung pengisi daya cepat dengan dual engine fast charging Vivo S1 dan realme 3 pro dengan VOOC Flash Charge 3.0.

Kesimpulannya, Vivo S1 dan realme 3 Pro hadir sebagai rival yang sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman.

Kedua smartphone menawarkan beberapa keunggulan Vivo memiliki kelebihan pada segi kapasitas baterai, kamera depan dan sensor sidik jari dalam layar. Di sisi lain, realme 3 Pro lebih unggul dalam hal performa,kamera belakang dan varian memori serta rentang harga.

Bisa dibilang realme 3 pro lebih handal dibanding Vivo S1 dimana kunci dari performa yang memiliki keunggulan SoC Snapdragon menggunakan AI serta adanya varian harga realme 3 pro yang lebih terjangkau tak pelak lagi realme 3 pro menjadi pemenangnya.

Untuk lebih detil membandingkan spesifikasinya keduanya, mari disimak infografik berikut ini:

Komentar

x