Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 01:11 WIB

Media Test Drive

Mencicipi Kecanggihan All New Honda Accord

Kamis, 1 Agustus 2019 | 00:00 WIB
Mencicipi Kecanggihan All New Honda Accord
(dok.HPM)

HONDA Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan All New Honda Accord di ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 beberapa waktu lalu. Sejumlah jurnalis pun diundang untuk menjajal kecanggihan Accord generasi kesepuluh ini.

Kegiatan test drive kali ini dikemas sedikit berbeda dengan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan di Sirkuit Bridgestone Proving Ground di Karawang dan sesi kedua merupakan perjalanan ke Bandung.

Pada sesi pertama, para jurnalis yang menjadi peserta test drive diperkenalkan dengan fitur Honda SENSING, teknologi keselamatan untuk membantu pengemudi menghindari dan meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Teknologi ini memang secara khusus dikembangkan oleh Honda.

Baca juga: Honda Luncurkan All New Accord di GIIAS 2019

Honda SENSING meliputi fungsi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF), dan Auto-High Beam.

Setelah diberi penjelasan oleh instruktur, INILAHCOM pun mencoba langsung kecanggihan teknologi ini di lintasan sirkuit.

Pada saat mencoba fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), All New Honda Accord yang kami kendarai dengan kecepatan 30 km/jam mendekati sebuah objek yang disimulasikan sebagai mobil yang berada di depan.

Beberapa meter sebelum mendekati objek, Forward Collision Warning (FCW) memberikan peringatan visual dan audio untuk mengingatkan pengemudi agar segera melalukan pengereman.

Jika pengemudi tetap tidak menginjak rem, maka fitur CMBS langsung mengambil alih pengereman secara otomatis. All New Honda Accord yang kami kendarai pun berhenti di belakang mobil simulator dengan menyisakan jarak sekitar 25 cm.

Teknologi ini bekerja menggunakan Milimeter Wave Radar Unit yang terletak di grille depan dan Monocular Camera yang terletak di antara kaca spion tengah dan kaca depan mobil untuk mendeteksi kondisi di depan mobil.

Namun sayangnya, CMBS hanya bisa mendeteksi objek besar minimal seukuran mobil. Fitur ini belum mampu mendeteksi objek kecil yang bergerak cepat seperti sepeda motor atau sepeda.

Baca juga: Honda Accord Terbaru Hadir Lebih Mewah dan Canggih

Usai menjajal fitur CMBS, kami kemudian mencoba fitur Road Departure Mitigation System (RDM). Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi marka jalan.

Saat kendaraan keluar dari lajur, maka Forward Collision Warning (FCW) akan langsung memberi peringatan berupa getaran pada setir. Apabila pengemudi tidak melakukan koreksi, mobil secara otomatis akan kembali ke jalur yang seharusnya.

Sebagai catatan, fitur RDM ini akan aktif saat mobil melaju dalam kecepatan 72 km/jam ke atas.

Setelah itu, kami mencoba fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF), dan Accord baru itu mengikuti kecepatan mobil di depannya.

Yang menarik, kami hanya menekan tombol Cruise Control, lalu secara otomatis, sedan yang kami kendarai mengikuti kecepatan mobil di depan. Saat mobil di depan berhenti, kami pun berhenti otomatis, tanpa perlu menginjak pedal rem.

Assistant Large Project Leader Honda Accord Honda R&D, Masao Nakano, menjelaskan bahwa fitur Honda SENSING hanya membantu pengemudi untuk mengurangi potensi kecelakaan.

"Pelaku utamanya adalah tetap pengemudi, Honda SENSING hanya fitur pendukung keamanan. Jadi jangan terlalu menggantungkan keselamatan berkendara kepada fitur. Berkendaralah dengan aman," terang Nakano.

* * * * *

Setelah puas menjajal beragam fitur keamanan Honda SENSING, test drive pun dilanjutkan dengan sesi kedua, yakni berkendara menuju Bandung.

Kabin All New Honda Accord terasa lapang, modern, dan nyaman. Seluruh joknya dibalut kulit berkualitas terasa empuk dan nyaman.

Jok pengemudi dapat diatur secara elektrik sampai delapan pengaturan dengan Lumbar Support dan Memory Seat yang mempermudah pengemudi ketika masuk maupun keluar dari kendaraan.

Jok penumpang depan dilengkapi empat cara pengaturan elektrik. Jok belakang juga terasa lapang dengan legroom yang lebih lega salah satunya berkat penambahan dimensi wheelbase 55 mm dibandingkan Accord generasi sebelumnya.

Penambahan dimensi itu membuat legroom di bagian belakang bertambah lega 48 mm dibandingkan sebelumnya. Ruang bagasi juga membesar 123 liter menjadi 573 liter dibandingkan sebelumnya.

Panel instrumen 7 inci yang terletak di belakang kemudi menampilkan ragam informasi kendaraan berpadu dengan layar sentuh terbaru berukuran 8 inci. Layar sentuh ini selain berfungsi untuk mengoperasikan sistem infotainment dan memuat informasi kendaraan, juga berfungsi sebagai tampilan kamera mundur.

Tak cuma itu, layar sentuh ini juga berfungsi sebagai tampilan kamera yang memperlihatkan bagian samping kiri mobil ketika pengemudi hendak berpindah ke jalur kiri.

Tujuannya agar pengemudi dapat melihat dengan lebih jelas bagian kiri mobil pada saat hendak berpindah lajur sehingga mempertinggi keselamatan penumpang.

Di bagian bawah terletak AC serta tombol pengaturannya serta tersedia Wireless Charger Console yang dilengkapi dengan USB Port di konsol depan.

Jok baris kedua juga dilengkapi dengan dua port USB USB Charger dan A/C Vent yang terdapat di konsol tengah, serta sunshade yang lebih besar. Ditambah juga cupholder pada bagian tengah bangku belakang. Setirnya dibalut dengan kulit dan dilengkapi dengan sejumlah tombol pengaturan seperti tombol Cruise Control.

Suara mesinnya terasa halus dan kabinnya terasa senyap. Pabrikan mengklaim telah melakukan penyempurnaan peredaman dan kebisingan dengan menggunakan lebih banyak peredam yang lebih rapat dan struktur bodi sehingga mengurangi body leaks sebesar 43 pesen.

Upaya lainnya berupa mengaplikasi Acoustic Windshield Glass, Carpet Barrier Layer, Acoustic Fabric Body Undercovers, Acoustic Felt Fender Inner Liners di bagian depan dan belakang, serta teknologi Active Noise Cancellation (ANC).

Hal ini juga dibantu dengan mengurangi kebisingan pada ban hingga 6dB dengan menerapkan resonator dan resin molding pada velg.

* * * * *

Sebagai jantung pacu, All New Honda Accord kini memakai mesin baru DOHC 1.5 liter VTEC Turbo menggantikan mesin naturally aspirated (NA) 2.4 liter yang dipakai di generasi sebelumnya.

Mesin anyar ini membuat All New Honda Accord mampu menyemburkan output tenaga hingga 190 PS di putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimal 260 Nm pada rentang 1.600 hingga 5.000 rpm.

Kerja mesin tersebut didukung oleh transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) yang mulus dalam setiap perpindahan. Honda mengklaim bahwa desain baru CVT memiliki rasio yang 11 persen lebih rendah dibanding generasi sebelumnya untuk akselerasi yang lebih bertenaga.

Memacu All New Honda Accord di ruas tol menuju Bandung terasa begitu menyenangkan. Apalagi mobil ini menyediakan dua mode berkendara yakni ECON dan SPORT.

Saat mode ECON aktif beberapa fungsi operasional secara otomatis akan disesuaikan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Namun, menurut kami, untuk diajak melaju di jalan tol, mode SPORT jelas menjadi pilihan terbaik. Mode ini meningkatkan performa mesin, torsi, dan akselerasi yang responsif.

Sensasi berkendara juga didukung oleh Paddle Shift di roda kemudi. Sesekali kami mencoba melakukan downshift untuk mendapatkan reaksi engine brake saat mengurangi kecepatan mobil.

Setir yang telah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS) terasa enteng dan solid serta komunikatif di dalam memberikan feedback. Pengemudi dapat memberikan input-input yang presisi ketika mendapatkan feedback tersebut.

Menurut pihak pabrikan, untuk pertama kalinya pada model All New Honda Accord, EPS dilengkapi dengan dual pinion gear dan variable gear ratio untuk roda kemudi, untuk menghasilkan performa dan kenyamanan yang terbaik di kelasnya.

Pengendaraan juga terasa stabil meski bodinya melebar 12 mm dan wheelbase lebih panjang 55 mm. Hal tersebut berkat penyempurnaan pada sasis, suspensi, fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang dipadukan dengan Traction Control System (TCS), serta bodi yang lebih rendah 15 mm dibandingkan sebelumnya.

Untuk menambah kenyamanan, All New Accord juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Smart Entry, Remote Engine Start, One Push Ignition System, Walk Away Auto Lock, Electric Parking Brake, Auto Foldable Side Door Mirror, serta Rain Sensing Windshield Wiper.

Kesimpulannya, Honda Accord teranyar ini lebih senyap dibandingkan dengan yang sebelumnya dan tendangan mesin turbonya begitu terasa, apalagi ketika memakai mode SPORT. Secara keseluruhan, paket kendaraan sedan ini lebih nyaman, mewah, dan canggih.

* * * * *

Honda Accord adalah salah satu model dengan sejarah terpanjang untuk Honda. Generasi pertamanya diperkenalkan di Jepang pada tahun 1976, dan setiap generasi yang diluncurkan selalu menghadirkan terobosan teknologi tersendiri pada masanya.

Sejak diluncurkan 43 tahun lalu, Honda Accord telah mencatat penjualan sekitar 22,6 juta unit di 150 negara di seluruh dunia.

Adapun di Indonesia, Accord merupakan sedan dengan catatan penjualan terlama dan tertinggi sampai saat ini, dengan total penjualan sebanyak 80.628 unit sejak tahun 1978 sampai sekarang.

Generasi terbaru Honda Accord juga telah disambut baik oleh konsumen di seluruh dunia, dan menerima banyak penghargaan sebagai mobil terbaik di berbagai negara, di antaranya North American Car of the Year 2018, Car of the Year 2018 dari Detroit Free Press dan Best Car of the Year sekaligus Best Sedan 2019 dari AutoWeb.

All New Honda Accord dirancang menggunakan platform baru dengan struktur uni-bodi yang lebih rendah, lebih lebar, dan lebih kokoh. Rangka yang lebih ringan juga dipadukan dengan unit mesin dan fitur-fitur berteknologi terbaru.

Untuk eksteriornya, All New Accord hadir dengan desain yang sepenuhnya baru, menampilkan garis atap yang lebih rendah, serta kap mesin yang lebih panjang untuk menghasilkan performa yang lebih aerodinamis.

Desain wajah Accord generasi kesepuluh ini menampilkan karakter khas Honda dengan Chrome Wing Grille, dilengkapi dengan fitur Active Grill Shutter dan Air Curtain di bumper depan untuk performa yang lebih aerodinamis.

Velg 18 inci dengan desain memukau dan Dual Chrome Exhaust Pipe Finisher semakin memperkuat tampilan All New Honda Accord sebagai sebuah sedan premium.

Untuk menghasilkan bentuk bodi yang lebih halus, Honda menerapkan proses lazer brazing yaitu penyatuan panel atap dan sisi bodi dengan menggunakan teknologi laser. Proses ini memberikan tampilan eksterior yang lebih bersih dan menyatu, tanpa memerlukan tambahan garnish di sepanjang jalur air hujan pada atap mobil.

Tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic dan Lunar Silver Metallic, All New Honda Accord dijual dengan harga Rp698 juta (berdasarkan estimasi BBN 2019 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).

Seperti produk Honda lainnya, All New Honda Accord juga dilengkapi dengan fasilitas purna jual antara lain paket Gratis Biaya Jasa Perawatan Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun dan layanan eksklusif 24 jam Honda Experience yang berguna untuk membantu konsumen yang mengalami kondisi darurat di jalan.

Untuk pilihan tampilan yang lebih elegan, juga tersedia aksesoris dari Modulo antara lain Door Visor, Trunk Tray, Step Illumi, dan Child Seat. [ikh]

Komentar

x