Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:46 WIB

Jimny, Kendaraan Fungsional Para Profesional

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 23 Juli 2019 | 02:30 WIB
Jimny, Kendaraan Fungsional Para Profesional

PELUNCURAN Jimny generasi terbaru di ajang GIIAS 2019 menjadi bukti dari komitmen Suzuki untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Suzuki Jimny tampil dengan dapur pacu yang lebih bertenaga serta berbagai fitur unggulan yang memaksimalkan performa tangguh sekaligus gesit saat mengarungi berbagai jenis kontur jalan tanpa mengurangi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan mobil legendaris yang mendapat gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year untuk pelanggan kami di Indonesia. Sebagai kendaraan compact off-road satu-satunya di Indonesia, Jimny kami bekali dengan berbagai fitur orisinal, salah satunya adalah All Grip Pro," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ditemui di sela-sela gelaran GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Baca juga: Suzuki Resmi Jual Jimny Terbaru Mulai Rp315,5 Juta

"Fitur All Grip Pro ini dapat memuaskan para profesional yang membutuhkan performa mengemudi dengan respon cepat serta bermanuver di medan yang sulit. Sesuai dengan tagline 'Gear for Pro', Suzuki Jimny menjadi jawaban atas ekspektasi akan kebutuhan fungsional untuk mendukung beragam aktivitas para pengguna profesional," imbuhnya.

Sebagai kendaraan yang telah menjadi andalan para pecinta off-road sejak tahun 1979, kehadiran Suzuki Jimny menawarkan berbagai keunggulan yang menunjang performa berkendara.

Jimny memiliki dimensi dengan panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm yang dirancang secara compact, kokoh, dan gesit untuk menerjang berbagai kontur jalan.

Baca juga: Suzuki Jimny, Sang Legenda dengan Segudang Cerita

Tak hanya itu, manuver Jimny semakin lincah melalui pengaturan tiga sudut, yakni approach angle sebesar 37 derajat, ramp breakover sebesar 28 derajat, dan departure angle sebesar 49 derajat di bagian roda yang menentukan tingkat kecuraman medan yang bisa dilalui tanpa mengenai bumper atau under body.

Mesin Tangguh dan Ringan

Mengenai dapur pacunya, Suzuki Jimny mengusung mesin K15B dengan kapasitas 1.462cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil pilihan para profesional ini juga dilengkapi dengan suspensi 3-link rigid axle yang dilengkapi coil spring baik untuk sisi depan maupun belakang. Fitur ini membantu meredam guncangan saat berkendara melalui kontur jalan tidak rata maupun berbatu.

Untuk mendukung jiwa petualang pengemudi off-road, ketangguhan dan kegesitan Jimny semakin nyata dengan ground clearance setinggi 210 mm serta radius putar 4,85 meter yang mampu melakukan manuver di berbagai kondisi jalan yang ditempuh.

Seluruh spesifikasi ini didukung oleh mode berkendara four-wheel drive yang dilengkapi dengan fitur All Grip Pro 4WD yang menawarkan kemampuan off road yang tinggi.

Fitur ini memberikan kebebasan pada pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kebutuhan, yaitu 2H untuk berkendara di kecepatan dan jalan normal (aspal/ kerikil kering), 4H untuk berkendara di jalan off-road, dan 4L untuk berkendara di bebatuan kasar, lumpur, dan medan yang lebih ekstrem.

Eksterior Tegas dan Sporty

Suzuki Jimny hadir dengan tampilan eksterior yang tampak gagah dengan Iconic Front Grille yang lebih menonjol dan memiliki bumper antigores berbentuk honey comb sehingga tampak lebih tegas dan sporty.

Perihal sistem pencahayaan, compact SUV ini dilengkapi dengan fog lamp ketika jalan berkabut atau hujan, serta LED Projector yang telah dilengkapi dengan Leveling Feature untuk mengatur tinggi rendah pencahayaan sesuai kebutuhan.

Selain itu, Suzuki menyematkan Headlamp Washer yang dapat membersihkan lampu saat tertutupi lumpur atau kotoran selama perjalanan.

Pada bagian tepi atap, Suzuki Jimny dilengkapi Drip Rail yang mencegah air masuk ke dalam kabin saat membuka atau menutup pintu agar kenyamanan penumpang semakin maksimal.

Sementara pada bagian bodi samping, pengaturan posisi kaca spion bisa diatur dari dalam secara elektrik melalui fitur Electric Adjustable and Foldable Mirror. Serta untuk memudahkan pengemudi, mobil ini juga dilengkapi dengan Turn Signal Lamp on Defender yang berfungsi memberikan tanda kepada kendaraan lain pada akan berpindah jalur.

Jimny juga dilengkapi Over Fender yang berfungsi sebagai anti gores guna melindungi bodi dari gesekan atau serpihan batu saat berkendara.

Tampilan eksterior ini juga semakin sporty dengan ban berukuran 195/80 R15 dengan desain Alloy Wheels warna Dark Metallic Gray membuat daya cengkram roda Jimny semakin kuat dan stabil.

Tak hanya itu, kesan gagah pada Jimny juga tampak di bagian belakang, di mana terdapat Rear Defogger yang dilengkapi wiper guna menjaga pandangan pengendara dengan jelas.

Untuk berjaga-jaga ban rusak saat di perjalanan, tersedia ban cadangan berukuran 195/80 R15 yang terletak menempel di belakang pintu dan didukung oleh tools kit yang tersimpan di bawah luggage box sehingga proses penggantian ban lebih mudah.

Jimny juga disempurnakan dengan Rear Combination Lamps dan fitur High Mount Stop Lamp sebagai tanda bagi kendaraan di belakangnya saat mobil melakukan pengereman.

Keseluruhan tampilan luar Jimny generasi keempat yang tampil modis melalui pilihan warna single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green serta two tones yang terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black Pearl 3.

Interior dengan Visibilitas Tinggi

Pada bagian interior, Suzuki menyematkan nuansa serba hitam pada interior Jimny sehingga menonjolkan kesan sporty. Di bagian dasbor, material Jimny mudah dibersihkan, tidak licin dan mudah digenggam.

Roda kemudi Suzuki Jimny terbuat dari bahan kulit yang disempurnakan dengan fitur kenyamanan bagi pengendara, seperti tilt steering yang dapat menyesuaikan posisi kemudi pengendara, audio control untuk mengatur audio pada roda kemudi dengan mudah, koneksi Bluetooth dan cruise control, fitur canggih yang bertujuan menjaga kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas.

Garis horizontal pada dasbor juga memberikan jarak penglihatan yang dapat membantu pengendara mengenali sudut kendaraan di medan jalanan yang ekstrem seperti pegunungan.

Saat bermanuver dan mengalami guncangan pada mobil, penumpang depan Jimny dapat berpegangan pada Ride in Assist Grip yang besar, kokoh dan mudah digenggam sehingga tetap merasa nyaman.

Pengaturan suhu di dalam mobil diatur secara otomatis melalui fitur AC Auto Climate yang dilengkapi heater.

Baca juga: Ini Kata Perancangnya Tentang Jimny Terbaru

Selain itu, dasbor Jimny terintegrasi Head Unit Touch Screen 6.8-inch yang dilengkapi dengan fitur USB, Bluetooth dan terkoneksi dengan smartphone.

Panel Control yang terletak di bawah AC berfungsi untuk mengaktifkan Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Descent Control (HDC) serta tombol pengatur kaca spion.

Ruang kabin pada Jimny didesain lebih lega dan dapat memuat hingga empat penumpang dengan kursi baris kedua dapat dilipat serta pada bagian belakangnya dilapisi bahan yang mudah dibersihkan jika terkena noda dan kotoran.

Selain itu, guna meningkatkan kenyamanan penumpang selama di perjalanan, Jimny menyematkan fitur Noise Vibration Harshness (NVH) yang mengurangi suara yang mengganggu, getaran dan gesekan pada saat bermanuver atau off-road.

Fitur Keselamatan Menyeluruh

Sebagai kendaraan yang sering digunakan untuk off-road, keselamatan penumpang dan pengendara juga menjadi fokus Suzuki dalam mengembangkan fitur-fitur Jimny.

Fitur keselamatan pada rangka Jimny dimaksimalkan oleh struktur Ladder Frame yang memiliki kekuatan lebih andal dan rigid dengan penambahan x-member dan 2 cross member di bagian bawah badan mobil sehingga jadi lebih kuat mengangkut beban berat, fleksibel, dan tangguh di medan off-road.

Dengan adanya konstruksi Ladder Frame, Jimny mampu meredam guncangan dan getaran permukaan jalan.

Untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengendara dari luar, Jimny mampu mengurangi dampak guncangan karena memiliki rangka TECT (Total Effective Control Technology) Body dengan struktur yang secara efisien menyerap dan menyebarkan energi jika terjadi benturan atau tabrakan sehingga dapat menjaga ruangan kabin tetap utuh.

Fitur Side Impact Beam yang berupa batang baja terletak di masing-masing sisi pintu menjaga body tetap kokoh saat terjadi benturan dari samping, sehingga pintu masih bisa dibuka.

Selain itu, Jimny juga menyematkan berbagai fitur keselamatan seperti Antilock Braking System (ABS) + Braking Assist (BA), dan Electronic Stability Program (ESP), teknologi yang memadukan pengereman dan kestabilan saat melaju di jalan licin, Hill Hold Control dan Hill Descent Control yang menjaga kendaraan pada saat menanjak atau menurun.

Agar keselamatan penumpang terjamin, selain Ride in Assist Grip Jimny juga dilengkapi oleh fitur 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras.

Fitur SRS Dual Airbag pada dasbor dan kemudi serta kaitan ISOFIX juga menggenapi fitur keselamatan pada interior Jimny.

Generasi keempat dari Jimny ini juga dilengkapi fitur keamanan berupa Immobilizer yang dilengkapi sistem di dalam ECM (Electronic Control Module) yang menangkap sinyal dari anak kunci dapat meminimalisir resiko pencurian.

Untuk banderol harganya, Jimny terbaru ini ditawarkan dengan harga OTR Jakarta Rp315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp317,5 juta untuk varian two tones MT, Rp328 juta untuk varian single tone AT, dan terakhir Rp330 juta untuk varian two tones AT. [ikh]

Komentar

x