Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:54 WIB

Uji Ketahanan, YouTuber Ini 'Siksa' OPPO Reno

Senin, 22 Juli 2019 | 22:30 WIB
Uji Ketahanan, YouTuber Ini 'Siksa' OPPO Reno
(YouTube)

INILAHCOM, Jakarta - OPPO merilis smartphone premium anyarnya, Reno, pada April lalu. Perangkat tersebut hadir dengan desain kamera pop-up unik, yang hanya menyembul di satu sisi.

Penasaran dengan desain beserta ketahanannya, seorang YouTuber yang punya channel bernama JerryRigEverything pun melakukan uji ketahanan OPPO Reno. Pengujian ini lalu direkam dalam sebuah sebuah video.

Jerry memang terkenal sering menyiksa seri-seri smartphone papan atas untuk menguji ketahanan fisik perangkat tersebut.

Seperti biasa, dia mengawali uji coba ketahanan ini dengan menggores layar perangkat terlebih dahulu. Goresan dilakukan secara bertahap, dari skala goresan Mohs, dengan angka 2 hingga 9.

Dalam uji ketahanan OPPO Reno ini, tampak goresan halus mulai muncul di angka enam dan semakin jelas di level tujuh. Hasil ini sebanding dengan kebanyakan smartphone lain yang beredar di pasaran.

Setelah menggores-gores layar, Jerry pun menyayat-nyayat bagian bingkai smartphone dengan pisau cutter. Karena terbuat dari logam, bagian bingkai Oppo Reno sejatinya tergores oleh pisau tersebut.

Kamera selfie unik OPPO Reno pun tak luput dari uji coba ketahanan. Dia mencoba untuk menarik kamera pop-up tersebut ke arah yang berlawanan dengan maksud melepasnya dari wadah kamera, namun tak berhasil.

Ia hanya mendapati suara mesin motor kamera yang seakan-akan ingin menarik kamera selfie tersebut ke dalam.

Meski disiksa sedemikian rupa, Jerry mengatakan kamera 'pivot rising camera' ini terbukti kokoh dan bisa berjalan dengan normal kembali.

Terakhir, Jerry pun menguji ketahanan perangkat dengan membengkokkannya. Dalam uji coba yang disebut bend test ini, ia membengkokkan OPPO Reno dari sisi depan dan sisi belakang.

Hasilnya, smartphone tersebut masih kuat dan tidak ada retakan yang berarti jika dibengkokkan dari sisi depan.

Walau demikian, cangkang OPPO Reno tampak terbuka sedikit ketika smartphone tersebut dibengkokkan dari sisi belakang. Namun, celah tersebut tampak kembali normal dan tertutup rapat kembali ketika Jerry selesai membengkokkannya.

Ia pun membandingkan OPPO Reno dengan OPPO Find X yang tidak lolos uji ketahanan. Pada saat Jerry menguji ketahanan OPPO Find X, perangkat tersebut hancur ketika sedang dibengkokkan.

Untuk lebih lengkapnya, simak video JerryRigEverything yang 'menyiksa' OPPO Reno:

Komentar

x