Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 21:47 WIB

Vendor China Siap Jual Smartphone 5 di Negaranya

Senin, 22 Juli 2019 | 20:30 WIB
Vendor China Siap Jual Smartphone 5 di Negaranya
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - China menjadi salah satu negara pertama yang sudah siap mengoperasikan jaringan 5G. Beberapa produsen smartphone lokal pun sudah mendapatkan izin untuk menjual perangkat 5G mereka di sana.

Mengutip Gizmochina, OPPO telah mengantongi izin dari Menteri Industri dan Teknologi Informasi serta Pusat Sertifikasi Kualitas China. Dengan sertifikat tersebut, mereka bisa meluncurkan Reno 5G yang digadang-gadang akan meluncur pada kuartal ketiga 2019.

Bersama Huawei dan Xiaomi, OPPO sebenarnya justru sudah lebih dulu merilis smartphone 5G di Swiss pada Mei lalu.

Sebelum OPPO, Huawei lebih dulu mendapat sertifikasi terkait pada 25 Juni lalu sehingga bisa memasarkan smartphone Mate 20X 5G. Perangkat tersebut kabarnya akan mulai ditawarkan pada bulan ini dan bakal menjadi smartphone 5G pertama di China.

Selain Huawei dan OPPO, beberapa vendor lokal lainnya juga telah mendapatkan restu pemerintah China untuk mulai menjual smartphone 5G, termasuk Vivo, OnePlus, dan ZTE.

China diprediksi menjadi pasar smartphone 5G terbesar. Firma riset Canalys memprediksi porsi pengapalan smartphone 5G di China mencapai 34 persen pada 2023, lebih besar dibanding Amerika Utara (18,8 persen), dan Asia Pasifik (17,4 persen).

Diperkirakan pada tahun 2020 mendatang, 17,5 persen smartphone yang dikapalkan ke China akan berteknologi 5G. Canalys meramalkan angka ini akan melonjak menjadi 62,7 persen pada tahun 2023.

Percepatan adopsi smartphone 5G di China tak lepas dari inisiatif pemerintah Negeri Tirai Bambu itu untuk mengakselerasi pengembangan jaringan 5G di negaranya.

Selain itu, kemampuan finansial dari para operator seluler dan banyaknya vendor smartphone asal China yang siap meluncurkan 5G membuat penetrasinya semakin agresif.

Komentar

x