Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 01:06 WIB

MediaTek Siapkan Chipset Gaming Helio G90

Senin, 22 Juli 2019 | 09:09 WIB
MediaTek Siapkan Chipset Gaming Helio G90
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - MediaTek kabarnya tengah menyiapkan sebuah chipset khusus gaming bernama Helio G90. Chipset tersebut nantinya bakal menjadi pesaing Snapdragon 855 Plus besutan Qualcomm yang diperkenalkan pekan lalu.

Kabar tersebut diutarakan sendiri oleh MediaTek melalui sebuah postingan di media sosial Weibo. Menurut produsen chipset asal Taiwan itu, Helio G90 bakal diluncurkan pada akhir Juli nanti.

Meski demikian, belum ada keterangan maupun rincian lebih lanjut mengenai chipset baru besutan MediaTek itu, sehingga cukup sulit untuk dibayangkan seperti apa performanya nantinya.

Mengutip Trusted Reviews, secara umum chipset MediaTek lebih mudah ditemukan pada smartphone kelas low-end di pasar. Mayoritas smartphone tersebut dipasarkan di China dan India.

Namun, ada pula smartphone yang diotaki chipset MediaTek yang dipasarkan di Eropa, seperti Redmi 6A misalnya. Handset ini menggunakan Helio A22 di balik dapur pacunya.

Rekam jejak ini menunjukkan bahwa MediaTek sebenarnya cukup siap untuk menantang Qualcomm, di mana chipset Snapdragon besutan mereka banyak ditemukan pada smartphone di seluruh segmen harga, termasuk kelas atas, seperti Google Pixel 3 dan OnePlus 7 Pro.

MediaTek sendiri memiliki tiga lini chipset dengan kemampuan yang berbeda beda. Chipset seri X dibuat dengan fabrikasi terkini, kemudian seri P untuk manajemen baterai perangkat yang lebih baik, dan seri A untuk smartphone kelas menengah ke bawah.

Artinya Helio G90 akan menjadi seri chipset baru di luar ketiga seri di atas. Chipset ini diduga dikembangkan berdasarkan Helio P90.

Adapun Helio P90 memiliki total delapan inti CPU, di mana ada dua inti (core) CPU Cortex-A75 yang berjalan di kecepatan 2,2Ghz, dan enam CPU Cortex-A55 yang bekerja pada kecepatan 2,0Ghz.

Komentar

Embed Widget
x